Sukses

Parenting

Cacar dan Kehamilan

Cacar memang sangat lazim dialami oleh anak-anak. Penyakit ini memang tergolong tidak berbahaya. Akan tetapi, apa yang terjadi jika penyakit ini menyerang ibu hamil? Ikuti sejenak penjelasan berharga dari pregnancy.com.au berikut.

Pada saat cacar menyerang anak-anak, orang tua memang akan mengalami sedikit kekhawatiran. Meski begitu, hal tersebut sama sekali tidak akan menjadi masalah yang terlalu menjadi masalah. Pasalya, cacar sendiri memang dialami oleh 90 persen dari populasi manusia di dunia ini. Biasanya, masalah tersebut akan terjadi pada anak berusia 15 tahun.

Kabar baiknya adalah, cacar biasanya sangat jarang terjadi hingga dua kali dalam seumur hidup. Akan tetapi, ada beberapa kasus yang menunjukkan bahwa cacar mampu terjadi dua kali bahkan pada saat periode kehamilan.

Pada ibu hamil, cacar biasanya akan menyerang pada saat usia kandungan mencapai 10 hingga 12 minggu. Meski begitu, beberapa kasus juga terjadi pada akhir masa kehamilan.

Dampak dari penyakit cacar pada ibu hamil ini pun cukup mengkhawatirkan bagi anak. Pasalnya, ibu yang terserang cacar pada saat hamil akan membuat anak mereka lebih beresiko untuk terserang cacar. Para ilmuwan menyebutnya dengan congenital varicella syndrome.

Akan tetapi, sindrom itu terjadi hanya jika ibu mengalami hal ini pada saat usia kadungan memasuki 20 tahun. Akan tetapi, jika cacar terjadi pada tujuh hari sebelum kelahiran akan mempertinggi resiko terserang cacar pada anak karena janin masih belum mendapatkan antibody pada saat di dalam kandungan.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading