KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

9 Jenis Kosmetik Kita Ternyata Memicu Kanker

Kamis, 18 Juli 2013 11:30 Penulis: gil
(c) shutterstock.com

Vemale.com - Wanita adalah sosok yang tak bisa lepas dari kosmetik. Sekecil apapun wanita pasti menggunakan kosmetik dalam kehidupannya. Mulai dari ujung kaki hingga ujung rambut.

Lebih mengerikannya lagi, efek samping ini bisa saja mendekatkan Anda pada resiko kanker. Wah, bahaya juga ya? Bagaimana bisa mengenali kosmetik yang mengandung bahan berbahaya dan mampu menyebabkan kanker? Cek informasinya di sini.

Sampo

Sampo yang dijual di pasaran umumnya mengandung kurang lebih 15 bahan kimia. Namun yang menjadi bahan paling berbahaya antara lain adalah Sodium Lauryl Sulphate, Propylene Glycol dan Methyksothiazoline. Kandungan berbahaya ini bisa menyebabkan kerusakan neurologis pada janin, iritasi dan merusak mata.

Eye shadow

Dalam setiap palette eyeshadow yang mungil di tiap warnanya. terdapat 26 macam bahan kimia dan yang paling membahayakan adalah Polythylene terephtalate. Inilah yang menjadi bahan membahayakan dan memicu munculnya kanker, kemandulan, masalah hormonal dan kerusakan tubuh.

Lipstik

Lipstik juga merupakan kosmetik yang mengandung setidaknya 33 bahan kimia dan yang membahayakan adalah Polymenthyl Methacrylate. Kandungan kimia ini bisa memicu alergi dan ada kaitannya dengan penyakit kanker. Aduh, padahal seringkali wanita tak sengaja menjilat lipstik dan menelannya.

Pewarna Kuku

Pewarna kuku memang manis digunakan pada jari-jari kita, namun sangat tidak manis efek sampingnya pada diri kita. Bila cat kuku Anda mengandung bahan kimia Phthalates, maka hindari penggunaan yang terlalu sering karena bisa menyebabkan masalah hormon, kesuburan serta keguguran dan ada kaitannya dengan penyakit kanker.

Deodorant

Dalam satu kemasan deodorant terdapat setidaknya 32 bahan kimia dan yang paling membahayakan adalah Aluminium Zirconium dan Isopropyl Myristate. Efek sampingnya adalah iritasi pada organ tubuh dan menyebabkan masalah hormonal. Bahkan beberapa deodoran juga bisa bikin kanker.

Blush On

Blush on mengandung 16 bahan kimia yang boleh dibilang paling sedikit dalam semua jenis kosmetik. Namun kandungan paraben di dalamnya bisa menyebabkan ruam kulit, iritasi dan masalah ketidakseimbangan hormon.

Foundation

Alas bedak yang mengandung Polymethyl methacrylate ternyata bisa menyebabkan gangguan imunitas. Selain itu alas bedak ini juga memicu resiko kanker dan alergi.

Parfum

Kalau tidak pakai minyak wangi, memang rasanya kurang percaya diri. Namun minyak wangi yang mengandung Benzaldehyde dan toluene rawan untuk kerusakan sperma, menyebabkan kanker, ketidakseimbangan hormon dan iritasi.

Body Lotion

Nah, bagaimana dengan lotion yang seringkali kita gunakan? Intinya, hindari penggunaan lotion dengan kandungan paraben dan alkohol. Efek samping yang dihasilkan adalah ruam, iritasi dan ketidakseimbangan hormon.

Bagaimana caranya agar Anda terhindar dari berbagai jenis kosmetik yang mengandung istilah yang rumit untuk dihafalkan itu. Cek dulu mulai dari produk yang ada di meja rias Anda. Selanjutnya gunakanlah produk alami yang tidak mengandung paraben dan alkohol, serta mengandung ekstrak bahan alami.

Baca Juga

Implan Payudara Pertipis Kesempatan Hidup Penderita Kanker Payudara

anker Payudara bukan hanya Terdeteksi melalui Benjolan

Obat Jupa Bahayakan Asma

Kapan Ibu Hamil Dilarang Naik Pesawat?

Inilah 6 Keajaiban Kurma Yang Perlu Anda Tahu

Waspada, Inilah Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Anda Duduk Lama

(vem/gil)
KOMENTAR PEMBACA