Sukses

Beauty

Mitos Seputar Penyebab Kanker Payudara

Banyak isu berkembang di masyarakat terkait penyebab kanker payudara. Akan tetapi, tidak semua hal yang disebutkan oleh kebanyakan orang terbukti benar.

Beberapa hal yang terbukti benar terkait penyebab kanker payudara adalah usia, gen atau keturunan, menyusui, payudara keras, berat bedan, periode menstruasi dan juga radiasi yang disebabkan oleh terapi. Kesemua hal itu memang terbukti benar mampu menyebabkan kanker payudara.

Akan tetapi, beberapa hal lain tidak sama sekali belum atau bahkan tidak terbukti mampu menyebabkan kanker payudara pada wanita. Untuk lebih jelas womenshealth.gov telah memberikan beberapa hal yang bukan merupakan faktor penyebab terjadinya kanker payudara namun beredar luas di masyarakat.

Hal pertama yang sering diperbincangkan orang terkait penyebab kanker payudara adalah pemasangan atau implan payudara buatan. Secara medis,  implant payudara sama sekali tidak terbukti mampu menyebabkan kanker payudara. Akan tetapi, hal ini memang bisa menyebabkan proses penyembuhan berjalan lebih lambat.

Hal lain yang juga sering diperbincangkan adalah aborsi. Meski sering menjadi topik perincangan terkait kanker payudara, aborsi sendiri sama sekali tidak menyebabkan kanker payudara.

Hal berikutnya adalah penggunaan deodorant di bawah ketiak. Meski letaknya sangat dekat dengan payudara dan terserap ke dalam tubuh, namun hal ini tidak menyebabkan kanker payudara.

Penyebab terakhir adalah rokok. Memang benar jika rokok dapat menyebabkan kanker. Akan tetapi, kanker yang disebabkan oleh rokok adalah kanker paru-paru bukannya kanker payudara.

Wahyu Wienanda

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading