Sukses

Beauty

Tetap Lancar Puasa Ramadan Walau Terkena Diabetes

Esok hari sudah memasuki hari pertama puasa Ramadan. Menjaga kondisi tubuh agar tetap prima selama bulan suci memang tidak mudah. Aktivitas sehari-hari tetap banyak dan kadang masih harus dihadapkan dengan beberapa permasalahan. Bagi Anda penderita diabetes yang aktif bekerja ataupun banyak kegiatan setiap harinya, jangan khawatir. Anda bisa menjalankan puasa dengan lancar dengan beberapa langkah yang harus konsisten Anda ikuti.

Sebenarnya, penderita diabetes dianjurkan untuk tidak berpuasa. Hal ini karena ditakutkan bila berpuasa maka akan memperparah penyakit. Namun bila masih ingin berpuasa, maka pola makan ketika sahur dan berbuka harus benar-benar dijaga agar tidak jatuh sakit. Karena risiko besar dari penderita diabetes yang menjalankan ibadah puasa adalah naik turunnya gula darah secara drastis.

Salah satu ahli medis dari St. Joseph Hospital di London, Dr Mervat Bakeer, kemudian menjelaskan beberapa masalah penting seputar risiko penderita diabetes yang berpuasa. "Biasanya mereka mengalami peningkatan atau bahkan penurunan gula darah yang sangat drastis. Dehidrasi adalah salah satu dampak dari kondisi tersebut," tutur Dr Bakeer pada London CTV News, dikutip dari merdeka.com. Untuk menghindari komplikasi, penderita diabetes dianjurkan untuk mengontrol gula darah setiap bangun tidur.

Mengecek gula darah setiap bangun tidur membantu untuk mengontrol kadar gula darah sehingga bisa tahu apakah memungkinkan untuk melanjutkan puasa atau tidak. Bila kadar gula naik atau turun drastis maka harus dibatalkan puasanya. Untuk menghindari hal ini, penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi menu sahur rendah gula dan mudah dicerna agar gula darah stabil. Makanan seperti oatmeal, havermut atau jus buah low sugar dianjurkan dikonsumsi saat sahur atau buka puasa.

Diabetes memang tidak bisa disembuhkan tapi bukan berarti menghalangi niat untuk berpuasa di bulan suci. Dengan menjaga pola makan dan rutin olahraga ringan maka diabetes bila dikendalikan dan Anda bisa menikmati puasa Ramadan. Selamat berpuasa, ladies!

BACA JUGA

Kalau Sedang Hamil, Begini Tips Puasanya

Sebelum Puasa, Mari Mendetoks Pikiran Agar Lebih Sehat

5 Varian es Favorit Untuk Buka Puasa

Inilah 6 Keajaiban Kurma Yang Perlu Anda Tahu

PUASA: Yang Perlu Anda Perhatikan Jika Memiliki Asma

Tips Untuk Para Ibu Menyusui Yang Ingin Berpuasa

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading