Sukses

Beauty

Health Fact: Makan Sebelum Tidur Malah Bikin Langsing

Selama ini banyak wanita menghindari makan di atas jam 5 sore karena ingin menjaga berat badan. Selain tidak makan di atas jam 5 sore, tidak mengonsumsi karbohidrat juga diyakini akan menjaga berat badan. Padahal banyak cara diet yang salah kaprah dan malah membuat badan sakit. Ternyata faktanya adalah makan di malam hari justru membuat tubuh langsing lho ladies. Mau tahu alasannya dan bagaimana caranya?

1. Makan karbohidrat di malam hari justru mengontrol rasa lapar

Sebuah studi dilakukan pada 2011 diterbitkan dalam Obesity and Nutrition, Metabolism & Cardiovascular Diseases meneliti tentang hal ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa peserta studi yang makan sebagian besar karbohidrat saat malam hari lebih bisa mengontrol rasa lapar, dikutip dari merdeka.com. Rasa lapar ketika tidak makan pada malam hari akan timbul pada keesokan harinya. Sedangkan makan dengan porsi tepat sebelum tidur akan membuat tidur lebih lelap dan keesokan harinya tidak kalap mata saat sarapan.

2. Makanan rendah glikemik membantu mengontrol gula darah

Studi di Amerika menemukan bahwa makanan yang dikonsumsi malam hari mempengaruhi proses pencernaan makanan yang disantap pada esok paginya, dikutip dari merdeka.com. Bila malam hari tidak makan sama sekali maka proses pencernaan akan lama karena tubuh kesulitan untuk memproses makanan yang dimakan saat sarapan. Karena itu dianjurkan mengonsumsi makanan rendah glikemik seperti kentang dan sayuran ketika makan malam. Karena makanan itu akan membantu mengontrol gula darah dan memperlancar pencernaan makanan saat sarapan.

3. Konsumsi protein sebelum tidur untuk pembentukan otot

Bila selama ini Anda mendengar bahwa ketika tubuh sedang tidur maka proses pencernaan berhenti maka hal ini jelas salah. Makan sebelum tidur justru dapat membantu mengoptimalkan upaya membangun otot. Konsumsi protein secara tepat akan membuat otot kuat dan lebih mudah dibentuk. Makan malam dengan porsi tepat dan dengan menu yang sesuai dengan anjuran minimal kebutuhan tubuh akan membawa efek yang baik bagi tubuh.

4. Tidak semua karbohidrat akan menumpuk menjadi lemak

Mitos selama ini adalah menghindari makan karbohidrat karena dikhawatirkan akan menumpuk dan menjadi lemak, dikutip dari merdeka.com. Padahal bila mengonsumsi karbohidrat dengan takaran dan porsi yang tepat justru akan menguntungkan tubuh. Bila Anda ingin rutin makan malam, maka bagilah porsi yaitu sayur 50%, lauk 30% dan karbohidrat 20%. Setelah itu ditutup dengan satu gelas air putih agar tubuh tidak dehidrasi selama tidur.

Makan tiga kali sehari tidak ada salahnya asal sesuai dengan kebutuhan tubuh dan tidak berlebihan. Walau makan sebelum malam tapi porsi tidak diatur maka hasilnya juga tetap saja akan membuat tubuh gemuk. Yuk atur pola makan dan makanan yang dikonsumsi ladies!

BACA JUGA

Diet Sehat dengan Makanan Serba Panggang

Semakin Bahagia Pengantin Baru, Semakin Gemuk Tubuhnya

Apakah Diet Cairan Diperbolehkan dalam Masa Menyusui?

Konsumsi Buah Ini Untuk Memperlambat Penuaan Dini

Two-Day Diet; Diet dua Hari untuk Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Wanita Ini Baru Menstruasi di Usia 26 Tahun Akibat Anoreksia Sejak Kecil

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading