Sukses

Beauty

Waspada, Inilah Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Anda Duduk Lama

Sering bekerja di balik meja? Sebaiknya mulai sering menyelingi duduk Anda dengan berjalan dan menghirup udara alami.

Sebuah fakta kesehatan yang mengerikan terungkap. Inilah yang terjadi pada tubuh ketika kita duduk terlalu lama dan tidak mengimbanginya dengan gerak maupun minum air. Mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Kepala

Duduk terlalu lama bisa menyebabkan gumpalan darah di kepala. Hal ini disebabkan oleh darah yang tidak lancar beredar pada tubuh sehingga menggumpal di sana. Bahaya yang mengintai adalah penyakit stroke.

Leher

Cairan yang tertahan di bagian persendian dan kaki, bisa naik ke bagian leher pada waktu malam. Hal ini menyebabkan sleep apnea atau berhenti nafas saat tidur.

Paru-paru

Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit gagal jantung, berhati-hatilah. Duduk terlalu lama bisa menyebabkan cairan masuk ke paru-paru Anda.

Jantung

Penyakit jantung seringkali disebabkan oleh gaya hidup. Namun bagi mereka yang mengalami gagal jantung dan sleep apnea, cairan akan menumpuk di bagian leher dan paru-paru sedikit demi sedikit.

Perut

Meski nampaknya hanya menyakiti bagian punggung bawah, namun duduk terlalu lama bisa membawa Anda pada resiko sakit kanker kolon dan obesitas. Hal ini karena banyak metabolisme tubuh seperti pengolahan glukosa dan lipid terganggu.

Paha

Saat kita duduk, paha tertahan oleh kursi. Cairan yang ada pada tubuh akan menumpuk di sana, menyebabkan banyak masalah seperti di atas.

Bagaimana Menghindari Masalah di Atas?

Jangan remehkan kondisi Anda saat bekerja dan duduk terlalu lama. Anda berinteraksi dengan kursi, pekerjaan, AC, layar komputer dan semua itu sebenarnya memberikan tekanan pada tubuh Anda.

Setiap satu jam sekali, cobalah untuk bergerak. Entah itu ke toilet, maupun menghirup udara segar di luar ruangan agar paru-paru mendapatkan udara alami yang baik. Berjalan akan membantu tubuh melancarkan kembali metabolismenya sehingga tak perlu ada penggumpalan dan gangguan kesehatan seperti di atas.

Sejenak meninggalkan meja kerja selama 5-10 menit bisa menyegarkan kembali pikiran Anda, menjernihkan pandangan mata dan melancarkan peredaran darah. Jangan remehkan resiko ini, bagikan artikel ini pada rekan Anda yang sering duduk agar bisa saling memelihara kesehatan dan terhindar dari bahaya di atas.

Baca Juga

7 Pengalaman Ketagihan Aneh Yang Ada di Dunia

Kelamaan Main Game Sambil Tengkurap, Implan Wanita Ini Meletus

Manfaat Nangka Untuk Mempercantik Kulit

Kreasi Seru Beauty Blogger, Lukisan Kelopak Mata Ala Star Trek

Rahasia Cantik Ala Selebritis Hollywood Ini Hanya Seharga 10.000 Rupiah

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading