Sukses

Beauty

Olahraga Baik Untuk Penderita Kanker Payudara

Olahraga adalah salah satu cara yang ampuh untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa lebih banyak anda berolahraga, anda bisa lebih mengurangi kembalinya kanker payudara jika anda atau kerabat anda telah didiagnosa menderita kanker payudara. Olahraga juga dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terkena kanker payudara jika anda belum pernah didiagnosa.

Breastcancer.org melansir bahwa olahraga terbukti aman untuk dilakukan selama anda menjalani perawatan atau masa penyembuhan dari kanker payudara asalkan anda melakukannya dengan porsi yang cukup dan tidak terlalu banyak. Olahraga dapat meningkatkan fungsi tubuh, kualitas hidup, dan mengurangi kegelisahan yang berkaitan dengan kanker.

Penelitian juga menunjukan bahwa olahraga dapat membantu penderita kanker untuk hidup lebih lama dan menjalani hidup yang lebih aktif. Olahraga dapat bermanfaat sangat besar jika anda melakukannya dengan baik dan benar.

Olahraga tidak terlalu disarankan kepada penderita kanker payudara yang baru menjalani operasi, karena pasien yang baru menjalani operasi seringkali memiliki resiko pembengkakan jaringan disekitar area bekas operasi, beberapa dokter mencemaskan kemungkinan bahwa olahraga dapat memicu pembengkakan ini.

Namun, banyak dokter dan wanita yang beranggapan bahwa olahraga tertentu seperti angkat beban yang dilakukan secara benar dan hati-hati dapat menguatkan, membentuk tubuh, dan mengurangi lemak.

Jika anda tertarik untuk memulai berolahraga dalam masa penyembuhan dari kanker payudara, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah berdiskusi bersama dokter anda tentang olahraga yang tepat bagi anda dan kemampuan tubuh anda. Selamat hidup sehat!

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

   

    

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading