Sukses

Beauty

Menurunkan Resiko Kanker Payudara dengan Olah Raga Teratur

Sudah menjadi rahasia umum bila olahraga dapat membantu menjaga kebugaran tubuh Anda. Dengan melakukan olah raga teratur Anda dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Sebuah penelitian, seperti dilansir oleh breastcancer.org, menunjukkan adanya hubungan antara intensitas olah raga Anda dan penurunan resiko kanker payudara yang mungkin muncul. Dalam studi tersebut ditemukan bahwa jika Anda berolah raga secara teratur selama empat hingga tujuh jam dalam setiap minggunya, resiko untuk terkena kanker payudara akan berkurang.

Latihan atau olah raga rutin dapat mengontrol jumlah gula darah yang terkandung dalam tubuh. Tidak terlalu banyak gula darah yang ditimbun dan tidak digunakan jika Anda melakukan olah raga secara teratur. Hal ini karena gula darah akan dirombak menjadi energi untuk memenuhi kebutuhan Anda selama berolah raga.

Dengan kata lain, olah raga secara teratur juga dapat mengontrol pertumbuhan hormon insulin yang dapat mempengaruhi pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Belum lagi, dengan olah raga yang cukup dan teratur setiap minggunya, Anda dapat menjaga berat badan untuk tetap berada dalam batas berat badan sehat yang berarti kandungan lemak dalam tubuh juga berkurang.

Perlu Anda ketahui, lemak juga dapat mempengaruhi pertumbuhan sel kanker payudara di dalam tubuh. Lemak akan memproduksi estrogen. Ketika tubuh Anda mengandung banyak lemak, berarti semakin banyak pula sel penghasil esterogen.

Sayangnya, hormon esterogen yang berlebihan dapat meningkatkan resiko berkembangnya kanker payudara ketika sel payudara terlalu terekspos oleh hormon esterogen. Mulailah untuk rajin berolah raga, Ladies!

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading