Sukses

Beauty

Begadang Ternyata Bikin Kena Kanker Lho!

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan kadang tidak berbanding lurus dengan waktu yang dimiliki. Akhirnya tak jarang kita membawa pekerjaan kantor ke rumah dan menyelesaikannya malam hari sebelum tidur. Akhirnya jam tidur menjadi bergeser dari malam menjadi tengah malam bahkan dini hari. Kebiasaan seperti ini tidak baik ladies, karena membawa banyak pengaruh buruk yang merugikan diri sendiri. Tahukah Anda beberapa efek buruk akibat terlalu banyak begadang?

1. Insomnia

Kebiasaan tidur di atas jam 12 malam membuat tubuh Anda menjadi segar sampai dini hari tapi lemas ketika bangun pada pagi harinya. Insomnia membalik kondisi tubuh Anda sehingga Anda merasa lemas ketika bekerja. Tubuh yang mengalami insomnia susah untuk disembuhkan kecuali kembali menormalkan jam tidur menjadi di bawah jam 11 malam.

2. Jam biologis tubuh

Bila Anda kerap tidur di atas jam 12 malam, otak mengalami kesulitan untuk membagi tugas dalam mengontrol semua hal itu karena jadwal istirahat cenderung berkurang. Jam biologis pun menjadi kacau dan akibatnya adalah Anda menjadi tidak bisa konsentrasi. Selain konsentrasi terganggu, pekerjaan juga akan terbengkalai karena Anda mengerjakannya dengan lamban.

3. Kanker

Tahukah Anda, tidur kurang dari enam jam setiap malam dalam jangka panjang membuat tubuh mudah terkena kanker. Menurut peneliti, hormon melatonin yang seharusnya diproduksi oleh tubuh berkurang jumlahnya jika jadwal tidur dikurangi. Sementara rendahnya hormon melatonin sendiri berkaitan erat dengan risiko kanker.

4. Obesitas

Jangan salah, kegemukan juga bisa dipicu dari kebiasaan jam tidur yang kacau. Sebab tidur terlambat meningkatkan keinginan untuk ngemil. Padahal kebiasaan ngemil di malam hari kurang menyehatkan dan bisa berujung pada peningkatan berat badan sampai obesitas. Semakin larut Anda tidur maka rasa lapar dan dorongan untuk makan akan semakin besar.

5. Sistem imun menurun drastis

Tidur di atas jam 12 malam akhirnya menurunkan sistem imun, sehingga Anda berisiko tinggi terkena berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan sampai mematikan. Untuk merecovery sistem imun ini juga tidak murah karena obat untuk imunitas sendiri harganya di atas 10 ribu per buahnya. Begadang tentu merugikan karena Anda harus mengeluarkan uang untuk menjaga sistem imun yang tidak murah harganya.

Menjaga kesehatan sebenarnya tidak susah, hanya membutuhkan kemauan Anda untuk tidak melakukan aktivitas yang membahayakan kesehatan. Begadang sangat tidak dianjurkan, lebih baik Anda tidur lebih awal dan bangun lebih awal pula. Tidur awal dan bangun ketika fajar tiba lebih baik daripada tidur larut dan bangun pun terlambat untuk berangkat bekerja.

BACA JUGA

Makanan Sehat, Perut Sehat, Si Kecil pun Riang

Mengatasi Asma Pada Anak

Mengatasi Gangguan Pencernaan pada Anak

Menjauhkan Anak dari Kegemukan

Menonton TV Bahayakan Perkembangan Mental Anak

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading