Sukses

Beauty

Fakta Miris di Balik Nikmatnya Gorengan

Gorengan, jajanan berat namun nikmat. Lebih sedap disantap saat hangat dengan cabai hijau atau petis. Makanan yang satu ini memang paling sering menjadi menu dalam makanan sehari-hari maupun makanan sampingan.

Namun ada banyak fakta miris di balik gorengan nikmat yang sering kita santap ini. Mungkin kita sudah sering mendengar bahwa gorengan itu tidak baik bagi kesehatan dan sering mengabaikannya. Coba Anda ingat lagi, masih ada fakta mengerikan lainnya di balik satu porsi tahu isi yang Anda konsumsi seperti di bawah ini.

Minyak Goreng Bekas

Faktanya, banyak penjual gorengan di Indonesia yang menggunakan cara nakal yaitu memanfaatkan minyak goreng bekas atau minyak goreng yang dijernihkan dengan cara kurang sehat. Bahkan, setelah itu minyak goreng ini masih akan digunakan berkali-kali lagi untuk menggoreng.

Minyak goreng pada dasarnya sehat, namun lemak bawaan makanan dan pemanasan berulang kali membuat minyak goreng menyimpan kandungan jahat yang meningkatkan lemak dan kolesterol dalam tubuh kita.

Aduh, Minyak Goreng Dicelup Plastik

Memasukkan plastik ke dalam minyak goreng bisa membuat gorengan semakin renyah dan nikmat. Bila Anda membuat gorengan sendiri, mungkin Anda tak akan melakukannya. Namun, lain ceritanya kalau beli di luaran.

Para penjual 'nakal' yang membatasi biaya produksi seekonomis mungkin juga menggunakan trik ini untuk membuat gorengannya lebih renyah. Aduh, bisa bayangkan kalau leburan plastik itu termakan ke dalam perut kita?

Garam dan MSG

Agar lebih sedap, gorengan biasanya menggunakan garam ekstra dan MSG. Kandungan garam dan MSG tinggi ini bisa membuat kolesterol serta tekanan darah kita melonjak. Selain itu, gorengan paling tidak direkomendasikan dalam diet karena bisa menambah berat badan dalam sekejap.

Bukan Bahan Segar

Bila Anda membeli ayam goreng krispi yang renyah, perhatikan juga komposisinya. Bila diperhatikan, lebih banyak tepung daripada daging. Seringkali bahan yang digunakan tidak lagi segar alias ayam sisa. Fakta ini cukup mengerikan, namun memang ada.

Kanker Usus Besar Akibat Gorengan

Salah satu penyakit mengerikan yang mengincar pencernaan akibat gorengan adalah kanker usus. Gorengan memicu munculnya gangguan pada dinding usus dan membuat tubuh mengalami panas dalam hingga susah buang air besar.

Makanan ini memang merupakan salah satu makanan yang mengganggu pencernaan Anda bila banyak dikonsumsi. Terlalu banyak makanan gorengan dengan bumbu yang terlalu pedas juga bisa menyebabkan tukak lambung yang membuat perut terasa nyeri. Hal ini akibat bakteri yang bernama Pylori.

Ingin lebih aman dari bahaya gorengan bisa dilakukan dengan mengonsumsi lebih banyak makanan dari buah dan sayur segar. Bila Anda ingin makan gorengan, lebih baik membuatnya sendiri di rumah daripada membeli di luaran yang belum tentu terjamin bahan-bahan dan kebersihannya.

Baca Juga

Penyakit Aneh: Gadis 16 Tahun Ini Terlihat Seperti Berusia 60 Tahun

Ingin Langsing, Wanita Ini 'Terpaksa' Aborsi Janin Yang Dikandungnya

Benarkah Pijat Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?

5 Makanan Yang Membuat Siklus Menstruasi Teratur

'Rahasia Kotor' Pabrik Mie di China Yang Mengerikan

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading