Sukses

Parenting

Yuk Hindarkan Balita Anda Dari Kerusakan Gigi

Gigi susu adalah gigi sementara yang ada pada bayi dan balita yang beberapa tahun kemudian akan lepas dan berganti dengan gigi tetap. Walau gigi susu ini tidak bersifat selamanya namun tetap saja kesehatannya perlu dijaga. Hal ini karena bila gigi si kecil bermasalah maka akan membawa banyak penyakit dan otomatis banyak bakteri bersarang di mulutnya. Lalu bagaimana cara menghindarkan gigi si kecil dari penyakit gigi?

1. Rajin kontrol di dokter gigi

Normalnya pemeriksaan rutin gigi adalah enam bulan sekali dan berlaku baik bagi orang dewasa ataupun anak-anak yang masih memiliki gigi susu. Dengan rajin memeriksakan gigi secara berkala maka Anda akan mengetahui bagaimana kondisi gigi anak Anda dan menghindarkan mereka dari penyakit gigi dan mulut. Selain itu bila gigi tetap mereka mulai tumbuh agar terawat dengan bagus dan tidak rusak.

2. Rajin sikat gigi dan berkumur

Peraturan menyikat gigi sebelum tidur harus diterapkan sejak anak-anak. Semakin mereka dewasa, bila tidak dibiasakan sejak dini maka akan merasa malas. Selain menyikat gigi sebelum tidur juga dianjurkan untuk berkumur dengan cairan kumur setiap usai makan agar tidak ada plak yang menempel di gigi.

3. Jangan biasakan makan manis berlebihan

Bila Anda kerap memberi permen kepada anak Anda maka kebiasaan ini sebaiknya Anda kurangi. Kurangi asupan permen, cokelat dan berbagai makanan manis lain yang berpotensi mengendap dan menjadi plak di gigi. Bila gigi berlubang maka akan susah untuk mengobatinya.

4. Jangan biasakan anak tidur dengan mengisap botol

Jangan biasakan seorang bayi atau anak yang lebih tua untuk tidur siang dengan mengisap botol susunya. Cairan manis dalam botol dapat melekat pada gigi bayi dan juga menyediakan makanan bagi bakteri yang hidup di mulut. Bakteri menghasilkan asam yang dapat memicu gigi berlubang.

Merawat kesehatan gigi anak-anak sebenarnya tidak susah hanya dibutuhkan konsistensi dan ketelatenan dari orang tuanya agar si anak juga terbiasa untuk menjaga kesehatan giginya. Beritahu mereka efek buruk yang mungkin saja terjadi bila mereka tidak rajin merawat gigi agar mereka tahu bahayanya. Yuk terapkan disiplin merawat kesehatan gigi mulai dari hari ini!

BACA JUGA

Child-onset Asthma – Asma pada Anak-anak

Bahaya Bahan Kimia Ancam Anak Anda!

Asap Rokok Pemicu Penyakit Asma pada Anak

Akibat Asap di Riau, Banyak Bayi Terkena Radang Paru-Paru

Nyanyikan Nina Bobo Membuat Bayi Prematur Lebih Cepat Pulih

(vem/Sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading