Sukses

Beauty

Penyebab Buang Angin Berlebihan

Ada beberapa makanan yang saat dikonsumsi akan menimbulkan gas di dalam tubuh. Misalnya saja seperti jamur, brokoli, kol, kacang-kacangan, kentang, pasta, mie dan lain sebagainya. Nah, gas tersebut kemudian tidak disimpan saja di dalam tubuh, namun akan dikeluarkan lewat sendawa atau buang angin.

Melalui proses tersebut, sebenarnya buang angin itu normal. Menjadi tidak normal ketika keluarnya berlebihan.

Ketahui beberapa penyebab buang gas berlebihan berikut sehingga Anda tetap bisa menjaga kesehatan serta penampilan Anda.

Makan angin

Makan angin ternyata bukan cuma istilah saja. Tetapi bisa terjadi saat Anda mengunyah makanan yang terlalu kenyal atau saat mengunyah permen karet. Biasanya, saat mengunyah makanan kenyal, mulut dibuka terlalu lebar sehingga udara jadi masuk berlebihan.

Udara yang terjebak di dalam tubuh kemudian dikeluarkan saat buang angin.

Makanan yang menimbulkan gas

Sudah sempat disebutkan di atas bahwa mengonsumsi makanan yang menyebabkan gas di dalam tubuh dapat membuat Anda sering buang angin. Dan apabila pengonsumsiannya berlebihan, maka buang angin juga akan berlebihan pula.

Minuman bersoda

Saat minum minuman bersoda, Anda akan cenderung bersendawa. Tetapi jangan dikira ini berarti tidak ada gas lagi di dalam tubuh. Karena sebenarnya masih ada gas di dalam tubuh yang dapat dikeluarkan saat buang angin.

Jus dengan pemanis buatan

Minuman jus buah yang menggunakan pemanis buatan akan membuat Anda buang gas berlebihan. Biasanya terjadi sekitar 30 menit setelah jus dicerna oleh tubuh.

Merokok

Adalah sebuah bad habit ketika Anda merokok. Tak hanya menyebabkan berbagai penyakit, merokok juga membuat Anda buang angin berlebihan. Hal ini disebabkan karena saat Anda menghisap nikotin di dalam rokok, udara ikut terhisap juga.

Pemanis buatan dalam permen

Ada beberapa permen yang memicu Anda buang gas berlebih. Sudah bisa ditebak bahwa permen tersebut pastinya mengandung pemanis buatan atau kandungan karet.

Makanan berlemak

Makanan berlemak apalagi yang dimasak dengan cara digoreng dapat memicu timbulnya gas berlebihan. Selain itu, dia juga bikin berat badan bertambah.

Pakaian yang terlalu ketat

Tanpa disadari, ternyata pakaian yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan tubuh kurang nyaman serta problem pada pencernaan. Salah satu problem yang seringkali dialami adalah kesulitan bernafas atau juga buang gas berlebihan.

Makan terlalu cepat

Makanan akan lebih mudah dicerna apabila Anda mengunyah cukup. Bila tidak, maka gas yang muncul akan berlebihan, dan tubuh akan membuangnya lewat buang angin.

Makan berlebihan

Terlalu banyak makan selain menyebabkan kekenyangan dan lambatnya mencerna, maka akan membuat Anda merasa mengantuk dan lelah. Di sini kemudian makanan yang dicerna akan menimbulkan gas karena prosesnya membutuhkan waktu lebih lama.

Tak hanya makanan saja yang perlu dicermati, cara mengolah, mengonsumsi juga tetap perlu diperbaiki demi kesehatan. [initial]

BACA JUGA:

Cerai Membuat Wanita Ini Makin Seksi dan Turun 45 Kg

8 Cara Jitu Mencegah Gagal Diet

Diet Terbaik dan Menghindarkan Dari Penyakit

Inilah Event Dengan Peserta Kembar Terbanyak di Dunia

9 Tip Memasak Makanan Lebih Sehat Lagi

Ini Hanya Flu, Sayang....

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading