Sukses

Beauty

Bagaimana Memberi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan?

Kecelakaan bisa terjadi dimana saja termasuk saat berolahraga seperti kecelakaan bersepeda, tabrakan saat berlari, dan masih banyak lagi. Bagaimana cara memberi pertolongan pertama? Berikut ini adalah caranya!

Sebelum melakukan pertolongan, ada baiknya Anda mengetahui tahapan-tahapan dalam memberi pertolongan pertama karena sangat penting untuk memberikan kesempatan hidup yang lebih besar bagi korban. Salah tahapan dalam melakukan pertolongan pertama dapat berakibat fatal pada korban, bahkan bisa menjadi "tangan maut" bagi si korban.

Berikut tahapan-tahapan untuk melakukan pertolongan pertama yang seperti yang disarankan oleh American Heart Assocition (AHA) yang terdiri dari rumusan D.R.C.A.B. yaitu Danger, Response, Compression, Airway, Breathing pada korban kecelakaan :

1. Danger (Bahaya)

Pastikan Keadaan Aman untuk Menolong

Sebelum menolong korban, sebaiknya Anda memastikan bahwa lokasi benar-benar aman bagi Anda sebagi penolong, orang-orang di sekitar lokasi kejadian, dan korban itu sendiri. Periksalah segala sesuatu yang dapat yang mengancam keselamatan. Gunakan pelindung diri yang ada, seperti sarung tangan dan masker untuk mencegah faktor risiko infeksi menular. Jangan mengambil risiko untuk menjadi korban berikutnya.

2. Response (Respon)

Pastikan Kondisi Kesadaran Korban

Periksa kesadaran korban dengan cara memanggil namanya jika Anda kenal, atau bersuara yang agak keras di dekat telinga korban, jika tidak ada respon juga, tepuk pundak korban perlahan namun tegas, berikan rangsangan nyeri (misalnya mencubit bagian telinga korban). Jika korban masih tidak ada respon, segara panggil bantuan medis, dan lakukan tahap selanjutnya, karena Anda masih mempunyai waktu untuk menunggu bantuan medis datang.

Bagaimana Memberi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan2

3. Compression (Tekanan pada Dada)

Setelah memastikan korban tidak memberi respon dan sudah memanggil bantuan medis, lakukan kompresi dada atau yang biasa di kenal RJP (Resusitasi Jantung Paru-paru). Melakukan RJP yang benar adalah dengan meletakkan korban pada permukaan datar dan keras. Adapun langkah-langkah dalam melakukan RJP pada korban dewasa adalah :

o Berlutut di samping korban.

o Tentukan posisi kompresi dada, dengan menemukan titik tengah pertemuan tulang iga dada korban.

o Setelah menemukan titik kompresi, tempatkan tumit tangan Anda pada titik tersebut, dengan satu tangan lagi diatasnya.

o Posisikan tangan Anda tegak lurus dan jaga agar tetap tegak lurus pada saat melakukan kompresi, dan lalu tekan dada korban.

o Berikan 30 kali kompresi dada, lakukan dengan cepat dan pertahankan kecepatannya.

o Berikan kompresi dengan kedalaman 2 inchi (5 cm).

Bagaimana Memberi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan1

4. Airway (Jalan Nafas)

Setelah melakukan 30 kompresi, buka jalan nafas korban dengan metode Head-tilt chin-lift. Tujuannya adalah untuk membuka jalan nafas korban yang tersumbat oleh lidah yang tertarik ke tenggorokan sehingga menutupi jalan nafas. Cara melakukan metode Head-tilt chin-liftyaitu :

o Letakkan telapak tangan Anda di dahi korban dan letakkan jari-jari tangan Anda yang lain dibawah dagu korban.

o Kemudian tekan dahi ke bawah sambil angkat dagu keatas sehingga kepala korban mendongak keatas dan mulut korban terbuka.

5. Breathing (Bernafas)

Setelah jalan nafas terbuka, lanjutkan dengan pemberian 2 kali nafas bantuan dari mulut ke mulut. Perhatikan membusungnya dada korban untuk memastikan Volume tidal. Volume tidal adalah jumlah udara yang dihirup dan dihembuskan setiap kali bernafas, dimana volume tidal normal sesorang adalah 350-400ml. Adapun cara memberikan nafas bantuan sebagai berikut :

o Pastikan jalan nafas korban masih dalan posisi terbuka dengan metode Head-tilt chin-liftsebelumnya.

o Tekan hidung korban untuk memastikan tidak ada udara yang bocor melalui hidung, ambil nafas dengan normal lalu tempelkan mulut serapat mungkin pada mulut korban dan tiupkan nafas Anda melalui mulut.

Lakukan dengan perbandingan 30:2 yaitu 30 kompresi dada dan 2 kali napas bantuan, sampai ada respon dari korban atau sampai bantuan medis tiba. Perlu diketahui, bahwa otak tidak boleh kekurangan oksigen lebih dari 4 menit terutama saat diketahui jantung seseorang berhenti. Itu artinya Anda hanya punya waktu kurang dari 4 menit untuk melakukan RJP pada korban. (boy)

BACA JUGA : 5 Bagian Tubuh yang Rawan Cedera saat Latihan

[initial]

(vem/df/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading