Sukses

Beauty

Gejala Kanker Yang Berbeda-Beda

Kanker adalah penyakit mematikan yang menjadi momok banyak orang, baik pria maupun wanita. Ada yang tiba-tiba sudah mencapai stadium berat, ada pula yang masih bisa diterapi dan disembuhkan.

Selama dideteksi sejak awal, kanker bisa ditaklukkan. Banyak juga kok orang yang sembuh dari kanker karena dengan segera diberi pengobatan.

Berbeda jenis kanker, berbeda pula gejalanya. Ada yang bisa dideteksi sejak dini, sehingga tak harus menunggu sampai sakitnya parah. Berikut adalah gejala beberapa tipe kanker, seperti dilansir oleh Boldsky:

Gejala kanker payudara

Umumnya ada benjolan di dalam payudara, yang bisa dirasakan dengan meraba payudara. Benjolan tersebut muncul tidak pada saat sedang menstruasi. Tidak terasa nyeri, namun berbahaya apabila dibiarkan.

Gejala kanker darah/leukimia

Penderita kanker darah biasanya seringkali mengalami demam. Demam tersebut tetapi tidak sampai membuat temperatur tubuh terlalu tinggi. Biasanya sedang saja, tetapi kerap datang.

Gejala kanker usus

Kanker usus juga salah satu jenis kanker yang menjadi pembunuh kejam. Ia dapat membunuh ratusan orang setiap tahunnya. Gejala kanker yang satu ini bisa ditengarai dengan pendarahan yang tiba-tiba meninggalkan bekas di celana atau kursi tempat duduk.

Gejala kanker rahim

Ada kalanya saat sedang menstruasi, memang wanita mengalami pendarahan. Namun, pendarahan tersebut normal terjadi karena ada peluruhan dinding rahim. Pendarahan tersebut berbahaya apabila terjadi tidak di saat menstruasi, atau terjadi saat menstruasi dan benar-benar berlebihan jumlahnya.

Gejala kanker paru-paru

Jika Anda menderita kanker paru-paru, maka Anda akan seringkali terserang bronkitis atau pneumonia. Anda juga merasakan kesulitan bernafas setiap kali, dan merasa nafas tercekat.

Gejala kanker kulit

Ada perubahan warna pada tahi lalat, serta perubahan bentuk dan ukuran. Umumnya, melanoma ini dapat diamati dengan tahi lalat yang berwarna memerah dan ukurannya semakin besar serta bentuknya tidak beraturan.

Gejala kanker pencernaan

Kanker pencernaan seringkali membuat penderitanya merasa lambung seperti terbakar, kembung serta tidak nyaman. Mereka tidak bisa mengonsumsi makanan yang pedas-pedas karena langsung akan merasa sakit.

Gejala kanker otak

Umumnya mereka yang mengalami kanker otak kerap kali lupa dan memiliki penglihatan yang kabur. Mereka juga sering merasa sakit kepala yang tak berkesudahan.

Gejala kanker mulut

Mereka yang mengalami kanker mulut biasanya punya problem sulit menelan dan sangat terasa sakit saat menelan makanan. Ada keluhan sakit pada bahu yang tak berkesudahan.

Apabila Anda mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas, lebih baik hubungi dokter dan segera periksa diri Anda. [initial]

BACA JUGA:

Menikahlah, Agar Cepat Sembuh Dari Kanker

Anemia Bisa Jadi Tanda Awal Kanker

Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Merokok

Manfaat Sehat Rambutan, Pelindung Tubuh Dari Kanker

Manfaat Cabai Merah, si Pedas Yang Bikin Sehat

Manfaat Sehat Kangkung, si Pencegah Kanker

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading