Sukses

Beauty

Tips Agar Makanan Yang Dibakar Tidak Menyebabkan Kanker

Semakin banyak orang peduli kesehatan, semakin banyak juga orang yang takut mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara dibakar (ayam bakar, ikan bakar, sate dan sebagainya) karena takut terkena kanker.

Dilansir dari situs Newsmaxhealth, tingginya panas saat proses memanggang dapat mengubah protein yang ditemukan dalam daging merah, unggas dan ikan menjadi amina heterosiklik (HCA). Bahan kimia ini telah dikaitkan dengan kanker payudara, kanker lambung, kanker prostat dan kanker usus besar.

"Apa yang terjadi adalah bahwa suhu tinggi dapat mengubah bentuk struktur protein dalam daging sehingga menjadi racun dalam tubuh dan dianggap sebagai bahan kimia karsinogenik," kata Stacy Kennedy, ahli gizi di Dana-Farber Cancer Institute.

Kabar baiknya, Dr Stacy memberikan beberapa tips agar Anda tetap bisa sesekali menikmati makanan panggang tanpa khawatir akan kesehatan.

Pilih Daging Dengan Bijak

HIndari membakar daging dengan banyak lemak, termasuk iga dan sosis. Pilih daging tanpa lemak dan pastikan tidak banyak tetesan yang membuat daging terkena banyak asap saat dipanggang.

Pilih Bumbu Sederhana

Anda bisa membumbui daging, ikan atau ayam dengan lemon atau cuka. Hindari memberi bumbu yang terlalu 'tebal'.

Panggang Sebentar Saja

Akan lebih baik jika daging, ikan atau ayam dimasak terlebih dahulu dengan cara rebus atau dipanggang dalam oven. Sehingga Anda hanya butuh waktu sebentar saat membakarnya.

Posisi Tepat

Pastikan posisi bahan panggangan Anda setidaknya 15 cm dari bara api. Sering-sering membalik-balik bahan yang Anda panggang.

Bungkus Dengan Aluminium Foil

Akan lebih baik jika daging, ikan atau ayam yang Anda panggang tidak terkena asap bakaran. Bungkus dengan aluminium foil dan panggang di atas panggangan yang tidak menyentuh langsung bara api.

BACA JUGA:

Jahit Lidah Pakai Plastik, Cara 'Gila' Terbaru Turunkan Berat Badan

Cerai Membuat Wanita Ini Makin Seksi dan Turun 45 Kg

Makin Sering Berhubungan Intim, Makin Langsing

Cara Cepat Menghilangkan Rasa Pedas Cabai

Makan Cabai Rawit Bikin Tubuh Makin Kurus

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading