Sukses

Beauty

7 Tips Ampuh Lawan Penyakit Kanker

Para pakar jantung dari Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan tujuh tips gaya hidup sehat yang bisa mengurangi risiko terserang kanker hingga 50 persen, sekaligus mengurangi risiko serangan jantung.

'Temuan ini tak mengejutkan, karena elemen-elemennya seperti menjalankan diet yang sehat, berolahraga dan tidak merokok memang dikenal bisa mengurangi risiko kanker,” kata kepala penelitian dan profesor jurusan pencegahan penyakit pada Fakultas Kedokteran, Universitas Feinberg - Chichago, Laura Rasmussen-Torvik, seperti dikutip health.com.

Ketujuh tips itu adalah:

 

1. Aktif berolahraga

2. Mengendalikan berat badan

3. Mengikuti diet yang sehat

4. Menjaga tingkat kolesterol

5. Menurunkan tekanan darah

6. Memantau kadar gula

7. Tidak merokok

"Tak dapat dipungkiri sehat itu menyeluruh,” kata Dr. David Katz, Direktur Pusat Riset Pencegahan Penyakit pada Universitas Yale.

Para peneliti menyebutkan, mereka yang menjalankan enam dari tujuh tips itu bisa menurunkan risiko kanker hingga 50 persen, sedangkan bagi yang hanya melaksanakan empat tips bisa menurunkan risiko terkena kanker 33 persen. Mereka yang mengikuti satu atau dua tips bisa menekan risiko kanker hingga 21 persen.

Jika "tidak merokok" dicabut dari tujuh tips untuk prilaku jantung sehat ini, maka kaitan faktor-faktor hidup sehat dengan menurunnya risiko terkena kanker berkurang secara signifikan.

Rasmussen-Torvik berharap temuan ini membantu dokter dalam mengimbau pasien untuk mengikuti tips-tips tersebut, sekaligus menjadi motivasi ekstra untuk pasien, demikian health.com. [initial]

BACA JUGA:

Bahaya Pakai Deodorant Bagi Payudara

Manfaat Memberikan ASI Untuk Para Ibu

7 Artis Yang Pernah Terserang Kanker Payudara

Vitamin A Bisa Sembuhkan Kanker Prostat

Temukan Manfaat Cantik Dari Si Mungil, Strawberry

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading