Sukses

Beauty

Cegah Asma? Jawab Dulu Pertanyaan Ini!

Asma memang penyakit kronis yang belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya. Obat yang ditawarkan oleh dokter biasanya hanya untuk mengurangi rasa sakit atau mencegah asma untuk kambuh. Mulai dari obat-obat modern, inhaler hingga peminuman air uap dari pemasakan nasi pun disarankan untuk mengobati asma.

Asma dikenal dengan gejala seperti sesak nafas yang berlebihan, susah bernafas hingga batuk pada malam hari yang menyesakkan dada. Pencegahan memang bisa dilakukan ketika Anda sudah mengenali penyakit asma ini. Ketika Anda sudah mengenali penyakit ini, niscaya Anda akan mengetahui apa tindakan yang harus Anda lakukan.

Dalam mengetahui apa saja gejala dan faktor yang menyebabkan penyakit asma, sepertinya Anda patut mempertanyakan beberapa pertanyaan berikut ini. Jika kebanyakan jawaban Anda adalah iya, maka Anda patut waspada. Anda bisa saja berpeluang terkena asma.

Apakah Anda memelihara hewan berbulu?

Hewan berbulu memang lebih 'berbahaya' daripada hewan lain yang tidak berbulu. Mengapa begitu? Karena bulu pada hewan ini sangat berpeluang untuk Anda hirup. Dan ketika bulu-bulu tersebut masuk dalam saluran pernafasan Anda, ini akan berpotensi mengganggu pernafasan yang berujung pada sesak nafas.

Apakah Anda tinggal di kawasan pabrik atau padat  kendaraan?

Memang, sekarang ini hampir semua orang mempunyai kendaraan sendiri karena manfaat praktis yang dibawa serta. Namun, ini juga menyebabkan semakin meningkatnya polusi yang timbul. Selain itu, kawasan pabrik dengan kadar polusi yang tinggi karena produksi yang tinggi juga bisa mencemarkan udara di sekitar Anda. Anda bisa mencegahnya dengan menggunakan masker pelindung.

Apakah Anda tidak bisa mengontrol emosi?

Anda tentu pernah mengalami sedih berkepanjangan karena suatu hal yang kemudian membuat Anda menangis sejadi-jadinya. Anda juga pasti pernah karena saking bahagia atau lucunya suatu hal kemudian Anda menjadi tertawa terbahak-bahak tanpa henti dalam jangka waktu tertentu. Ini bisa memicu asma lho. Ketika emosi tidak bisa dikontrol, Anda mungkin akan menangis sejadi-jadinya atau tertawa terbahak-bahak. Ini tentu akan membawa dampak tertentu pada pernafasan Anda. Mulai sekarang, bersikaplah sederhana dan tidak berlebihan.

Berapa 'iya' yang Anda lontarkan ketika menjawab pertanyaan di atas? Tiga atau nol? Memang ini adalah pertanyaan sederhana untuk mengetahui apakah Anda di dalam lingkup faktor-faktor yang bisa menyebabkan asma. Asma memang bisa disebabkan oleh banyak faktor baik dari luar maupun dalam tubuh. Yang paling penting adalah bagaimana Anda menjaga tubuh tetap sehat dan bersih.

(vem/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading