Sukses

Parenting

Tak Hanya Anak-Anak, Orang Dewasa Juga Wajib Imunisasi

Oleh Dunia Fitnes

Imunisasi bagi anak adalah wajib. Bahkan orang dewasa pun masih membutuhkannya. Tahun ini Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (Papdi) mengeluarkan rekomendasi imunisasi berupa jadwal imunisasi bagi orang dewasa.

Secara medis, imunisasi merupakan sarat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Menurut Prof Dr Nasrodin SpPD, seorang spesialis penyakit dalam RSUD Dr. Soetomo, setidaknya ada empat imunisasi yang direkomendasikan untuk orang dewasa, yaitu influenza, hepatitis A, B, dan tifus.

“jika dicermati, empat penyakit tersebut paling banyak terjadi di sekitar kita,” ungkap dr Nasrodin. Dari keempat penyakit tersebut, serangan influenza adalah yang paling sering.

Bahkan dalam kurun waktu 1 tahun, seseorang bisa terkena lebih dari 5 kali serangan influenza. Inilah sebabnya para ahli medis menyarankan agar orang dewasa (19-65 tahun) melakukan imunisasi/vaksin influenza setahun sekali.

Sedangkan untuk imunisasi hepatitis A dan B cukup diberikan satu kali seumur hidup. Dengan aturan hepatitis A diberikan dua dosis yakni pada bulan ke-0 dan berikutnya pada bulan ke-6.

Berbeda dengan hepatitis A, vaksin hepatitis B diberikan sebanyak tiga dosis, yakni pada bulan ke-0, ke-1, dan ke-6.

Selanjutnya adalah imunisasi untuk mencegah tifus yang diberikan satu dosis per tiga tahun.

Banyak masyarakat yang merasa bahwa mereka tidak mempunyai riwayat keluarga pengidap tifus, sehingga sering mengabaikan risiko penyakit ini dan tidak memiliki kesadaran akan pentingnya imunisasi pencegah tifus.

[initial]

Source: DuniaFitnes.com

BACA JUGA : Tubuh Langsing Mudah Didapat Jika Anda Punya Modal Ini

(df/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading