Sukses

Beauty

Gadis Ini Turun 30 Kg dan Membagi Rahasia Suksesnya

Karena setiap perempuan berhak menjadi cantik. Kamu adalah penulis cerita hidupmu, entah akan berakhir bahagia atau tidak, sebesar apapun kamu menginginkannya. KAMU BISA MELAKUKANNYA :)

Itulah sepenggal kalimat motivasi yang ditulis Laura Patricia di Facebook-nya. Laura adalah gadis dari Singapura yang berhasil menarik perhatian pengguna internet berkat foto-foto before after yang diposting. Ya, foto saat tubuhnya masih gemuk di tahun 2010 dan foto dirinya yang langsing di tahun 2012. Foto tersebut menjadi motivasi banyak orang, terutama wanita yang sedang berjuang menurunkan berat badannya, dilansir dilansir Yourhealth Asiaone.

Turunkan Berat Badan Karena Diejek

Laura yang lahir di Indonesia berhasil menurunkan berat badannya dari 80 kg menjadi 58 kg hanya dalam waktu 1 tahun 3 bulan. Dalam video yang diunggah di Youtube, Laura mengatakan bahwa dia selalu kelebihan berat badan di sepanjang hidupnya. Ejekan dan hinaan sudah sering dia terima dari teman-temannya.

facebook

Kiri: Laura di pertengahan tahun 2011 (c) yourhealth.asiaone

"Bajunya warna pink bikin dia kelihatan seperti babi," atau "Bebek gemuk," adalah beberapa ejekan yang diterima Laura. "Saya berkata pada diri sendiri bahwa saya akan mengubah image tubuh saya, sehingga saya bisa membuat mereka (yang mengejek) untuk diam," ujar Laura. "Jadi saya bekerja keras menghilangkan 30 kg dan mulai belajar untuk memakai makeup,"

Mengalami Anoreksia Tetapi Sudah Sehat

Saat pertama kali melakukan diet, Laura mengaku bahwa dia tidak melakukan diet sehat. Dia hanya makan satu kali sehari dan memaksa tubuhnya tidak makan apapun. Berat badannya memang turun dengan drastis, tetapi dia mengalami banyak masalah kesehatan karena nutrisi harian tidak terpenuhi. Laura mulai mengalami kerontokan rambut parah, payudara kendor, kulit bersisik, tidak bisa menjaga keseimbangan tubuh bahkan berhenti menstruasi.

facebook

Kiri: Saat mengalami anoreksia (c) yourhealth.asiaone

Berat badannya saat itu 48 kg, berat yang sebenarnya tidak sehat dan sangat kurus dibandingkan tinggi badan Laura. Pemeriksaan menyatakan Laura mengalami anoreksia dan harus menaikkan beberapa kilogram berat badan jika ingin sehat. Sekali lagi Laura berjuang untuk memberi tubuhnya makan dengan nutrisi yang sehat di bawah pengawasan dokter.

Akhirnya Laura menyadari bahwa cantik tidak sekedar kurus, tetapi sehat. Saat ini, berat badan Laura 58 kg, dengan latihan di gym dan nutrisi yang benar, tubuh Laura jauh lebih sehat dan tidak lagi mengalami masalah menstruasi dan kulit kendor.

Inilah rahasia diet sehat yang dilakukan Laura:

1. Sarapan Berat Tapi Rendah Kalori

Makan satu porsi nasi atau junk food adalah pilihan yang kurang baik untuk sarapan. Pilih menu seperti oatmeal, pisang, dan roti panggang.

2. Perbanyak Buah dan Sayur

Makan banyak sayur dan buah adalah pilihan yang tepat. Vitamin dan nutrisi alami yang dikandung sangat banyak, plus rendah kalori. Daripada ngemil snack 'ringan' yang justru mengandung setumpuk kalori, atau es krim dan cokelat yang tinggi gula, Laura lebih memilih buah segar. Hati-hati dengan durian karena tinggi gula dan kalori, juga anggur yang kaya gula.

3. Makan lebih banyak protein dibanding karbohidrat

Memangkas kalori bukan berarti tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali, Anda tetap harus mengonsumsi karbohidrat kompleks yang membuat kenyang lebih lama, misalnya roti gandum, beras merah atau madu sebagai pengganti gula putih.

Untuk asupan protein, perbanyak, apalagi jika Anda melakukan olahraga dan latihan pembentukan tubuh. Laura lebih suka makanan Indonesia seperti tahu, tempe, olahan kedelai, telur dan dada ayam tanpa lemak.

facebook

Laura Patricia sekarang (c) yourhealth.asiaone

4. Tidak Boleh Fast Food SAMA SEKALI

Jika Anda memangkas fast food dan camilan (termasuk gorengan), Anda akan mendapatkan berat badan sehat dan ideal, itulah pesan Laura.

5. Minum Lebih Banyak Air

Air mineral atau air putih membat Anda kenyang lebih lama dan melancarkan metabolisme tubuh.

6. Buat Catatan Kalori Harian

Banyak orang tidak sadar atau lupa bahwa dia mengonsumsi berapa kalori dalam sehari. Biasanya mereka hanya ingat menu makanan berat dan melupakan camilan serta minuman manis yang justru mengandung banyak kalori. Laura menyarankan Anda meng-instal MyFitnessPal bagi pengguna iPhone, Android atau Blackberry untuk memudahkan penghitungan kalori.

7. Baca Label Makanan

Selalu baca tabel makanan atau tabel nutrisi sebuah produk supaya Anda tahu berapa jumlah kalorinya.

8. Lakukan Gaya Hidup Sehat

Hindari kebiasaan mengonsumsi obat pelangsing atau produk diet. Anda bisa menggunakan pengaturan pola makan yang lebih sehat untuk mendapatkan berat badan ideal. Jika Anda ingin hasil jangka panjang, berjuanglah memberi nutrisi tepat pada tubuh setiap hari.

Laura tidak melarang dirinya menikmati beberapa makanan manis, tetapi dia hanya makan sedikit, tidak dalam porsi besar atau gila-gilaan. Bila ada masalah, ceritakan dalam bentuk tulisan atau bicaralah dengan seseorang, jangan dilampiaskan dengan makan.

Jangan lupa untuk berolahraga, menghindari rokok dan mulailah gaya hidup sehat. Jika bukan Anda yang memulainya, maka hidup dan tubuh Anda tidak akan berubah.

Jika Laura berhasil mendapatkan bentuk tubuh ideal, Anda juga pasti bisa!

BACA JUGA:

5 Kesalahan Diet Yang Dilakukan Banyak Orang

Rahasia Tubuh Langsing Gwyneth Paltrow

5 Minuman Sehat untuk Raih Berat Badan Ideal

5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Rahasia Langsing Sehat ala Girls Generation (SNSD)

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading