Sukses

Beauty

Pengelolaan Kanker Mulut

Oleh: Dr. Victor Fan, Konsultan bedah mulut dan rahang atas

Konsultan bedah mulut dan rahang atas MB BCH; BAO (Inggris), BDS (Singapura), FDSRCS (Inggris), FRCS (Inggris), FRCS(OMFS), FAMS Victor Fan adalah salah satu dari dua ahli bedah mulut dan rahang atas berkualifikasi di Singapura. Saat ini  praktik di Pusat Kesehatan Gleneagles untuk pembedahan implan gigi, pembedahan gigi, dan pembedahan maxillofacial (rahang atas dan wajah), bedah kanker dan  rekonstruksi, estetik wajah dan bedah orthognathik.

Kanker mulut bisa terjadi disemua bagian mulut. Dan siapapun bisa terkena kanker mulut, tetapi risikonya lebih tinggi untuk para pria yang berusia lebih dari 40 tahun, merokok, dan minum alkohol. Di Singapura, sekitar 150 sampai 200 pasien  terdiagnosis kanker mulut setiap tahun. Sekitar 75-90% dari kasus tersebut berkaitan dengan merokok dan alkohol.

Gejala kanker mulut:

  • Bercak putih atau merah dalam mulut;
  • Luka mulut yang tidak kunjung sembuh;
  • Pendarahan dalam mulut;
  • Masalah atau sakit saat menelan;
  • Benjolan di leher;
  • Ulkus atau bengkak di bibir.


Ketidaknormalan lainnya termasuk benjolan atau bengkak, atau sulkus yang tidak sembuh dalam dua minggu sampai sepuluh hari. Ulkus yang bersifat kanker cenderung menjadi keras dan tidak selalu sakit. Jika kanker menyebar ke lidah, maka pasien mungkin tidak berbicara dengan baik atau sulit makan.

Selama beberapa tahun terakhir, ditemukan pasien yang lebih muda terkena kanker mulut. Sejumlah pasien tersebut mengidap infeksi virus HPV yang merupakan penyebab kanker serviks. Meski lapisan mukosa saluran genital serupa dengan mulut, bukan berarti kanker diinduksi oleh HPV. Hingga kini, kebanyakan bentuk kanker tersebut adalah tipe orofaringeal di belakang mulut, dan prognosis kanker ini lebih baik. Kanker juga berkaitan dengan banyaknya pasangan seks oral dan vaksinasi melawan HPV bagi perempuan muda yang belum aktif secara seksual mendorong beberapa kalangan merekomendasikan hal yang sama untuk laki-laki.

Kanker bibir biasanya berkaitan dengan kerusakan akibat sinar matahari khususnya di kulit ras Kaukasia dan ditunjukkan sebagai ulkus yang tidak sembuh dan berdarah. Kanker lidah juga dapat ditunjukkan sebagai ulkus yang tidak sembuh yang tidak menyakitkan. Ulkus apapun yang tidak sembuh lebih dari 10 hari atau 2 minggu harus segera diselidiki untuk meniadakan kanker. Kanker rahang biasanya ditunjukkan sebagai benjolan.

Sayangnya, banyak pasien kanker mulut yang tidak mengalami gejala apapun sampai terlambat. Pasien yang seperti ini biasanya terdiagnosis saat kanker sudah parah dan harus menjalani operasi dengan peluang lebih besar untuk kambuh dan meninggal.

Terkadang jika kanker telah menyebar luas. Pada kasus yang parah, kanker sering kambuh kurang dari enam bulan. Sembilan dari 10 pasien bertahan selama lima tahun ketika kanker terdeteksi lebih awal. Tapi, ketika mencapai stadium lanjut, gambaran ini menurun.

Deteksi awal kanker mulut juga berarti menghindari kemoterapi atau radioterapi – tidak seperti pasien yang terdiagnosis pada stadium lanjut. Pengobatan hanya dengan pemeriksaan rutin untuk memastikan kanker tidak kembali. Deteksi awal bisa berarti 80 sampai 90% peluang kesembuhan, tetapi jika kanker terdeteksi terlambat, maka peluangnya jatuh sampai 20%.

Bentuk utama perawatan adalah operasi, jika memungkinkan, dibedah keseluruhan dari mulut pasien. Operasi rekonstruktif mikrovaskuler dapat membantu untuk mengganti struktur yang dihilangkan – seperti bagian lidah, mulut atau bahkan bagian rahang dan membantu pasien mendapatkan kembali fungsi normal mulut seperti makan dan menelan. Hal ini memberi pasien peluang kesembuhan dan jika kanker berstadium lanjut, radioterapi tambahan dapat membantu “membersihkan” daerah untuk mengurangi peluang kambuh. Terkadang dalam beberapa kasus lanjut, kemoterapi diperlukan untuk membunuh sel kanker yang telah menyebar ke daerah tersembunyi seperti paru, hati dan otak.

Pengobatan “terbaik” masih berupa pendeteksian awal dan para pasien disarankan untuk melakukan pemeriksaan mulut sendiri (lihat www.orofacialsurgery.com.sg) dan berkonsultasi dengan dokter jika ditemukan daerah yang mencurigakan. Dokter pesialis mulut dan maksilofasial dengan minat dalam kanker rongga mulut akan melakukan biopsi dan membantu membuat diagnosis awal. Kebanyakan pembedahan mulut dilakukan dokter gigi yang tidak berurusan dengan perawatan primer kanker
mulut. Tetapi, dokter spesialis mulut dan maksilofasial biasanya dokter berkualifikasi ganda dalam bidang kedokteran dan kedokteran gigi (dokter gigi dan dokter) yang memungkinkan mereka memiliki pengetahuan khusus tentang mulut dan gigi serta pengalaman bedah umum untuk menangani operasi onkologi dan konstruktif.

(vem/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading