Sukses

Beauty

Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Merokok

Merokok bukan lagi menjadi sebuah kebiasaan yang hanya dilakukan kaum Adam saja. Justru saat ini banyak wanita yang larut dalam kebiasaan merokok. Bahkan, bangun pagi tanpa rokok rasanya seperti habis putus cinta.

Haha... katakan saja kami lebay. Tetapi, demikian yang sering kami dengar dari beberapa sahabat.

Sedih juga rasanya, di saat kita benar-benar tahu bahwa yang dihisap adalah racun, tetapi alasan kenikmatan dan kebiasaan seperti menjadi sebuah pembelaan yang tepat.

Well, ladies. Jika iklan dan peringatan yang tertera di kemasan rokok belum cukup mengingatkan Anda tentang bahaya merokok. Kami tak akan bosan mengingatkan lewat artikel-artikel kami.

Lewat artikel ini salah satunya, kami akan menceritakan apa yang terjadi pada tubuh saat Anda merokok, seperti dilansir oleh womenshealthmag.com.

Dalam jangka 0 - 10 detik

Saat rokok dinyalakan, dihisap, dan asapnya dikeluarkan melalui mulut Anda mungkin tak sadar bahwa ada asap yang masuk ke dalam paru-paru. Asap tersebut membawa racun seperti formaldehyde dan amoniak, yang segera akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan resiko mengalami peradangan di dalam tubuh.

Mungkin memang ada filter yang dipasang pada batang rokok, tetapi di sana nikotin masuk melalui jaringan darah dan meresap tinggal di pori paru-paru.

Tubuh Anda jadi penuh dengan nikotin, dan seringkali tekanan darah naik. Jantung jadi berdetak lebih kencang. Ada perasaan resah yang berlebihan saat Anda tak bisa merokok. Anda akan gelisah seperti ada sesuatu yang hilang. Tubuh terbiasa menerima nikotin dan menuntut nikotin yang lebih besar. Di sinilah resiko stroke semakin tinggi.

Di waktu yang sama, karbonmonoksida (zat beracun yang biasanya keluar bebarengan di pembuangan knalpot kendaraan bermotor) akan merasuk ke dalam darah dan membatasi muatan oksigen yang akan dibawa ke tubuh bagian lain.

Melalui darah inilah, nikotin juga akan sampai ke otak. Mempengaruhi syaraf-syaraf di dalam otak yang perlahan akan membuat kerja otak menjadi menurun.

Dalam waktu 5 menit

Karena nikotin telah masuk ke dalam otak, kerja otak akan kacau. Terkadang sekalipun tubuh lapar, otak membaca informasi yang berbeda, sehingga seseorang lebih memilih merokok ketimbang makan.

Semakin lama, saat seseorang berusaha untuk berhenti, ia akan semakin sadar bahwa ia telah kecanduan nikotin di dalam rokok. Bahkan banyak orang yang merasa lemas, cemas berlebihan, dan mudah emosi saat dalam beberapa saat tidak merokok.

Jika dalam waktu-waktu yang singkat seperti dijelaskan di atas, kira-kira bagaimana nikotin dan racun-racun yang lain merusak tubuh Anda?

Saatnya membaca kembali peringatan yang diselipkan di label kemasan rokok.

MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN. [initial]

BACA JUGA:

Rokok Bisa Menyebabkan Kematian Mendadak

Wajah Tampak Tua Adalah Sinyal Kesehatan Jantung

Diet Garam Tak Selalu Baik Bagi Kesehatan

Di Masa Depan, Perokok Harus Punya Surat Izin Merokok

Bawang Putih, Si Kecil Berdampak Besar

Rokok Bisa Menyebabkan Kematian Mendadak

 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading