Sukses

Beauty

Teh Hitam, Cara Alami Menurunkan Berat Badan

Selama ini, kita lebih mengenal teh hijau sebagai bahan alami untuk menurunkan berat badan. Padahal, ada teh lain yang juga efektif untuk membuat tubuh langsing alami, yaitu teh hitam.

Prof Fatchiyah, Pakar Ilmu Genetika Molekuler Universitas Brawijaya Malang mengemukakan teh seduh hitam merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan kegemukan, dilansir Antara News.

"Pengaruh catechin dari teh seduh hitam yang diminum selama sekitar 90 hari akan mampu menurunkan berat badan secara signifikan, karena pengaruh catechin ini mampu menghambat insulin-Like Growth Factor (IGF-1) sebagai ligan berikatan dengan reseptornya," ujar Fatchiyah.

Berbagai penelitian tentang teh hitam dengan hasil sama telah dilakukan. Salah satunya adalah uji coba yang dilakukan pada tikus gemuk. Hasilnya, pemberian teh seduh hitam mampu menurunkan berat badan tikus gemuk secara signifikan.

"Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa teh seduh hitam memiliki potensi sebagai bioaktif alami untuk preventif terapi mengurangi kegemukan," lanjutnya.

Kegemukan atau obesitas merupakan kondisi kelebihan massa jaringan lemak tubuh akibat kelainan metabolik tubuh yang dapat meningkatkan risiko morbiditas beberapa sistem pada manusia, seperti hipertensi, jantung, stroke, jantung koroner, depresi, dan kurang percaya diri.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading