Sukses

Beauty

Istilah-Istilah Penyakit Ini Hanya di Indonesia

Indonesia sudah semakin maju, namun tetap saja kita sering membawa istilah warisan nenek moyang ke dalam keseharian. Salah satunya untuk menamai penyakit. Karena jaman dahulu yang masih terbatas, nenek moyang memberikan istilah dengan nalar yang masih terbatas. Berikut ini beberapa contohnya.

1. Masuk Angin

Masuk angin adalah salah satu penyakit yang paling sering melanda. Biasanya karena terlalu lama berkutat dalam ruangan ber-AC, terkena angin malam dan kedinginan. Hal ini membuat perut kembung, tubuh panas dingin, demam dan kadang menyerupai penyakit pilek. Penyakit ini bisa jadi muncul karena kelelahan dan tubuh sedang tidak berada dalam kondisi yang fit. Penyembuhannya beraneka ragam, mulai dari istirahat ringan hingga penggunaan obat dokter.

Istilah masuk angin diyakini hanya ada di Indonesia. Namun sebenarnya siapapun bisa mengalami penyakit masuk angin. Hanya saja istilah masuk angin sendiri tidak dikenal di negara lain, bahkan dianggap mitos di dunia kedokteran sekalipun banyak yang mengalaminya.

2. Angin Duduk

Angin duduk adalah sebutan lain untuk salah satu jenis penyakit jantung yaitu angina pectoris. Penyakit ini berupa perasaan tidak nyaman pada dada. Seperti perasaan ditekan, nyeri dan tegang di dalam dada. Penyakit ini terjadi karena suplai oksigen darah ke area jantung berkurang akibat menyempitnya pembuluh darah. Untuk mencegah penyakit ini, tentu saja harus melakukan gaya hidup sehat seperti olahraga, makan makanan sehat dan tidak merokok. Penyakit ini bisa datang sekalipun tidak ada riwayat penyakit jantung.

Angin duduk sering dikaitkan atau disamakan dengan masuk angin, padahal kedua hal ini berbeda. Istilah angin duduk mungkin lebih bisa dikenali daripada Angina pectoris, namun masih banyak orang yang hanya tahu namanya tanpa mengetahui dengan baik penyakit angin duduk.

3. Salah Bantal

Penyakit salah bantal adalah sebutan untuk kondisi menegangnya otot leher yang pada umumnya terjadi karena posisi tidur yang salah atau salah memilih bantal. Dalam kondisi ini, membuat kita jadi susah menoleh ke kanan dan ke kiri. Penyembuhannya dengan terapi salep penghilang nyeri.

Disebut salah bantal karena paling tepat untuk menganalogikan penyebab sakit tersebut. Bila orang mengatakan dirinya sakit leher, maka orang lain akan bertanya, "Gara-gara salah bantal, ya?" Begitulah sehingga penyakit ini lebih dikenal dengan istilah Salah Bantal.

Itulah beberapa fakta unik mengenai penyakit yang sebutannya hanya ada di Indonesia. Kreatif juga ya masyarakat kita untuk menciptakan nama penyakit sendiri? Well, apapun nama anehnya, yang penting sudah ada penanganan dan pencegahannya. Semoga kita selalu sehat, Ladies. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading