Sukses

Beauty

Cegah Resiko Flu dan Sakit Pernafasan Saat Musim Banjir

Hujan lebat melanda Indonesia dan menyebabkan banjir di beberapa wilayah. Saat ini, kelembaban udara tergolong tinggi dan memicu munculnya penyakit-penyakit menular yang sebaiknya kita waspadai. Sering bergulat dengan udara dingin dan kehujanan membuat daya tahan tubuh kita menurun.

Salah satu penyakit yang sebaiknya Anda waspadai adalah penyakit flu dan berbagai penyakit pernafasan. Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan mudah menular. Namun karena penyakit seperti ini sering dijumpai, seringkali orang remeh menghadapinya. Anda mungkin sudah menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan dengan baik, namun bagaimana orang di sekitar Anda?

Ada resiko bahwa Anda mungkin tertular penyakit dari orang lain. Oleh karena itu, jangan sepelekan kondisi kesehatan Anda. Selain penyakit flu, berbagai penyakit organ pernafasan juga rentan terhadap penyakit. Kelembaban udara tinggi dan suhu yang dingin memicu penyakit seperti asma, ISPA, batuk dan sebagainya yang perlu Anda waspadai. Sekalipun Anda tidak mengidap, jangan tunggu sampai Anda harus mengalami penyakit tersebut.

Anda bisa melakukan beberapa tips menjaga kesehatan di bawah ini untuk menghindari tertular atau terkena berbagai penyakit dalam masa hujan dan banjir.

1. Menggunakan masker di tempat umum

Anda tidak akan nampak terlalu aneh untuk menggunakan masker di tempat umum seperti halte, kantor atau mall. Masker melindungi Anda tertular virus dari orang yang bersin sembarangan atau sedang mengidap penyakit flu. Dengan begitu, setidaknya Anda memfilter udara yang masuk ke tubuh Anda.

2. Cuci tangan dan bawa tisu basah antiseptik

Rajin mencuci tangan sebelum dan setelah makan, saat ke toilet maupun setel;ah beraktivitas dalam waktu yang cukup panjang. Hal ini bisa mengurangi resiko bakteri masuk lewat mulut atau hidung Anda. Tisu basah antiseptik bisa menjadi alternatif bila Anda ingin membersihkan kulit dari kuman dan virus tanpa harus ke toilet. Selain itu juga bisa menyegarkan kulit Anda.

3. Konsumsi vitamin

Untuk menjaga daya tahan tubuh, konsumsi vitamin dan makanan yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh seperti vitamin C. Juga makan dan minum yang lebih hangat untuk membantu mengurangi rasa dingin. Untuk ibu hamil konsultasikan vitamin yang ingin Anda gunakan pada dokter kandungan Anda.

4. Banyak minum air dan istirahat

Banyak minum air bisa membersihkan tubuh dari racun dan membantu meningkatkan kondisi tubuh. Selain itu, usahakan tidur cukup dan lebih berkualitas. Namun Anda juga perlu beraktivitas untuk tetap menjaga metabolisme tubuh lebih lancar.

5. Check up ke dokter

Bila Anda mengidap penyakit pernafasan yang sedang maupun parah, ada baiknya Anda melakukan check up ke dokter. Periksa apakah kondisi Anda perlu mendapatkan penanganan khusus atau hanya butuh menjaga kesehatan saja. 

Tetap sehat dan jaga diri Anda selama musim hujan dan rawan banjir. Semoga bermanfaat, Ladies. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading