Sukses

Beauty

Smartphone Bisa Menyebabkan Diare Hingga Infeksi Telinga

Coba ambil smartphone Anda, apakah itu bersih? Yakin? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Michael Schmidt dari Medical University, California Selatan menunjukkan bahwa smartphone layar sentuh mengandung banyak bakteri. Bakteri itu dapat menyebabkan flu, diare, bahkan radang telinga, dilansir Genius Beauty.

Penelitian ini dilakukan pada sejumlah smartphone milik pegawai kantor di Chicago. Hasil menunjukkan bahwa lebih dari separuh ponsel milik pegawai kantor mengandung bakteri E. coli. Hal ini menjadi bukti bahwa para pegawai kantor sering mengabaikan mencuci tangan setelah menggunakan toilet. Selain E. coli, ditemukan 56 bakteri patogen yang berkembang biak di layar smartphone.

Air Saja Tidak Cukup Membersihkan

Dengan hasil penelitian ini, tentunya penting bagi kita semua untuk menjaga kebersihan ponsel. Penelitian ini juga mencari cara terbaik untuk membersihkan smartphone layar sentuh, tetapi mengalami kendala. Air tidak cukup untuk membersihkan minyak apalagi bakteri di layar. Cairan pembersih ponsel hanya membersihkan tanpa menggores layar, tapi bakteri masih dapat hidup. Sedangkan alkohol dapat membunuh bakteri, tetapi dapat merusak dan menggores layar smartphone.

Para peneliti memberi saran agar para pemilik smartphone tidak lupa selalu mencuci tangan setelah memegang ponsel, sebelum makan, setelah naik angkutan umum dan setelah menggunakan toilet. Karena hingga saat ini belum ada media terbaik untuk membunuh kuman smartphone, meningkatkan kekebalan tubuh pada serangan bakteri juga menjadi cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading