Sukses

Beauty

3 Tips Agar High Heels Tidak Membuat Nyeri

Wanita dan high heels adalah bagian yang tidak terpisahkan. Sepatu hak tinggi yang identik dengan kaum hawa ini bagaikan pisau bermata tajam, di satu sisi bisa membuat pemakainya tampak menawan dan memiliki postur tubuh yang lebih baik, di sisi yang lain, high heels dapat menyebabkan nyeri di lutut dan kaki.

Bahaya High Heels

"Keluhan yang paling umum pada wanita yang memakai high heels adalah nyeri pada bagian ball of foot (bagian telapak kaki yang menumpu lantai saat Anda berjinjit)," ujar Dr Geoff Gray, seorang spesialis dalam ortopedi dan terapi olahraga fisik pada situs Sheknows. "High heels akan memberi tekanan tubuh pada pada ball of food ketimbang di seluruh bagian kaku. Karena itu, besar kemungkinan akan terjadi pembengkakan atau peradangan di daerah tersebut."

Selain efek jangka pendek itu, Dr Gray juga memperingatkan bahwa pemakaian high heels jangka panjang akan memberikan dampak kesehatan yang serius, antara lain radang sendi lutut dan perubahan bentuk telapak kaki yang menyakitkan. Karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan perawatan kaki, apalagi jika setiap hari selalu memakai high heels.

TIPS SEHAT MEMAKAI HIGH HEELS:

Memijat Kaki

Dr Gray merekomendasikan kita untuk melakukan peregangan kaki atau pemijatan kaki satu kali dalam sehari. Pijat lembut bagian betis hingga semua bagian telapak kaki agar rileks setelah seharian bekerja keras menopang tubuh Anda. Akan lebih baik dilakukan sebelum tidur. Pemijatan ini akan melancarkan peredaran darah dan melemaskan otot paha hingga telapak kaki.

Sepatu Pas dan Nyaman

Kami tahu high heels itu tidak nyaman, tapi pilihlah yang ukurannya nyaman dan pas untuk Anda. Jangan memilih high heels dengan ujung bagian depan meruncing sehingga menjepit jari-jari Anda. Jari-jari kaki Anda harus bisa bergerak saat Anda memakai sepatu. Pilih high heels yang memiliki bantalan sepatu atau jika tidak ada, Anda bisa membeli bantalan sepatu dan di masukkan dalam high heels Anda. Metode ini dapat mengurangi tekanan pada ball of foot Anda.

Jika Kaki Terasa Linu, Istirahat

Banyak wanita yang terpaksa memakai high heels karena tuntutan pekerjaan. Jika seharian Anda sudah memakai high heels, saat pulang, usahakan Anda memakai sepatu datar yang nyaman, demikian juga saat akhir pekan. Saat kaki mulai terasa linu saat memakai high heels, istirahatkan kaki atau pakai sepatu datar (sediakan di loker kantor Anda). Jangan memilih high heels yang terlalu tinggi. Akan lebih baik jika Anda bertelanjang kaki di rumah, agar kaki lebih nyaman dan bebas bernapas.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pakai untuk mencegah nyeri ketika memakai high heels. Semoga membantu.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading