Sukses

Beauty

Tips Tetap Sehat Meski Sering Jajan di Luar

Suka wisata kuliner, membuat kita ingin mencoba berbagai macam makanan. Apalagi dengan menjamurnya resto maupun kafe yang menyuguhkan aneka kreasi makanan unik dan enak. Namun, kita juga harus memperhatikan makanan yang kita makan lho, Ladies. Seringkali kita mengabaikan efek gula dalam minuman es dan manis, kandungan soda, kandungan lemak dan garam yang bikin kolesterol naik.

Kalau sudah begitu, seringkali kita merasa bersalah setelah jajan. Sayangnya makanan sudah terlanjur masuk ke dalam perut. Nah bagaimana supaya kita bisa tetap makan di luar dengan enak sambil menjaga kesehatan? Coba lakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Planning

Untuk acara makan, sebaiknya Anda merencanakan akan makan apa dan di mana. Karena beberapa restoran menyajikan makanan spesifik dengan kandungan tertentu. Dengan sedikit melakukan planning, bisa membuat Anda menyeimbangkan konsumsi makanan dalam sehari. Misalnya tadi pagi sudah sarapan nasi pecel, siang ini ingin makan di luar dengan menu steak ikan dan malam nanti Anda janjian di kafe dengan teman dan sudah merencanakan untuk memesan jus buah saja. Setidaknya makanan Anda akan lebih seimbang bukan?

2. Skip Produk Susu

Makanan di luar cenderung melalui proses pembuatan dengan oven maupun penggorengan, selain itu ada bahan tambahan yang kita tidak tahu pasti dampaknya bagi kesehatan maupun berat badan. Hindari produk susu seperti keju, krim, milkshake dan sebagainya jika Anda memesan makanan berat. Bila Anda ingin memesannya, coba tanyakan apakah mereka memiliki produk susu low fat. Hal ini menghindari Anda terlalu kenyang dan mengantuk. Serta menjaga asupan makanan tetap seimbang.

3. Polosan

Beberapa makanan mengandung dressing berupa mayonaise, saus, pasta dan lain-lain. Bila Anda sudah sering memesan makanan jenis ini, sesekali lakukan pemesanan makanan tanpa menggunakan dressing. Kandungan kalori, gula dan garam dalam dressing biasanya cukup tinggi. Bila Anda ingin makan dengan dressing, pastikan Anda membayar dengan olahraga di akhir pekan.

4. Setengah Porsi

Bila Anda pergi makan dengan teman yang tidak keberatan berbagi porsi makanan, mengapa tidak mencoba makan satu porsi berdua? Lingkar pinggang terjaga, uang yang dibayarkan juga tidak banyak. Atau bila memungkinkan pesan dengan ukuran mini atau setengah porsi, sebaiknya Anda mencobanya. Tidak terlalu kenyang akan menjaga Anda tetap 'melek' saat beraktifitas.

5. Bungkus

Bila Anda tidak bisa memesan setengah porsi dan terlalu sayang untuk meninggalkan makanan setelah membayar, bagi makanan Anda menjadi dua dan makan yang satu bagian. Bila Anda merasa cukup, minta pelayan membungkus sisanya yang bisa Anda bawa pulang. Tetap bayar satu porsi untuk 2 kali makan kan? Dengan begitu pola makan Anda menjadi lebih sehat.

6. Minuman

Minuman di luar sangat beragam, mulai dari soda, kopi hingga air putih. Memang air putih yang paling sehat, namun bila Anda tidak mendapatkan free air putih, tidak ada salahnya membawa sendiri dari rumah. Sekalipun Anda memesan minuman lain, Anda tetap membutuhkan air putih. Beberapa restoran menyajikan dessert dan minuman selain menu utama. Pilih minuman saja bila Anda sudah mengonsumsi menu utama karena dessert tidak terlalu Anda butuhkan.

Walau asyik mengonsumsi makanan di luar sambil hang out bareng teman kerja atau pacar, jangan lupa perhatikan kesehatan ya, Ladies. Pastikan Anda sering berolahraga untuk mengimbangi jajan yang masuk ke perut Anda. Selamat wisata kuliner.

 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading