Sukses

Beauty

Wortel Ungu, Wortel Purba Atasi Penyakit Liver

Jika sebelumnya Anda sempat membaca jagung ungu yang bisa menyembuhkan penyakit diabetes dan sakit ginjal, perkenalkan juga wortel ungu yang tak kalah kandungan antioksidannya. 

Selama ini wortel lebih dikenal dengan warna orange-nya yang menggemaskan. Namun, jauh sebelum wortel orange populer, wortel ungu ini ternyata sudah pernah beken dan menjadi sayuran yang diandalkan pada abad ke 16 di sepanjang Asia dan Timur Tengah.

Wortel ungu ini adalah wortel yang tumbuh liar, umumnya pendek dan langsing. Wortel pertama kali diperkenalkan sekitar 5000 tahun lalu di Afganistan. Awalnya, yang ada ada adalah varietas wortel kuning dan ungu. Seiring dengan perkembangan jaman, mereka kawin silang dan menghasilkan varietas baru, wortel orange, yang lebih dikenal saat ini.

Seperti dikutip dari carrotmuseum.co.uk, para peneliti percaya bahwa warna orange pada wortel dapat membantu menyembuhkan kanker dan penyakit jantung. Pasalnya, wortel kaya kandungan beta karoten yang dikonversikan dari vitamin A dan baik untuk memerangi kanker.

(vem/bee)

Kembalinya Si Wortel Ungu

Sekitar tahun 2000-an, wortel ungu ini kembali muncul dan memeriahkan pasar di Inggris. Supermarket mulai menyediakan pilihan wortel dari orange hingga yang ungu. Saat itu, wortel menjadi menu sayuran yang sama populernya seperti kentang.

Adalah antosianin, sebutan bagi zat antioksidan yang terkandung di dalam wortel ungu ini. Zat yang sama seperti yang dikandung bluberry dan anggur merah.

Lindsay Brown, seorang profesior Biomedical Science di University of Southern Queensland mengatakan bahwa wortel ungu ini tidak kalah khasiatnya dibanding wortel yang sekarang ada. Bahkan, wortel ungu lebih kaya antioksidan karena warna ungunya yang alami.

Manfaat Si Wortel Ungu

Percobaan kemudian dilakukan pada seekor tikus yang telah diberi asupan lemak tinggi, karbohidrat tinggi selama 8 minggu. Tentu saja tikus tersebut menjadi gemuk, menderita prediabetic, tekanan darah tinggi, sakit jantung dan mengalami kerusakan pada livernya.

8 minggu setelahnya, tikus ini diberi asupan diet wortel ungu. Setiap hari jus wortel dikonsumsinya, dan hasilnya menunjukkan perubahan yang drastis dan ajaib. Tikus tersebut sembuh, dan kembali sehat seperti semula. Tekanan darahnya turun, kolagen di dalam jantung normal, kadar gula di dalam darah kembali normal, livernya kembali segar.

Dari hasil penelitian tersebut, Profesor Lindsay menyimpulkan bahwa dengan diet wortel ungu dan latihan fisik teratur, keluhan seperti penyakit jantung, liver, diabetes, dan tekanan darah tinggi bisa diatasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading