Sukses

Beauty

Jangan Katakan Ini Pada Mereka Yang Sedang Berdiet

Butuh motivasi yang tinggi untuk seseorang berdiet serta menyukseskan dietnya. Mungkin kita bisa berkata, "Kamu baik-baik saja apa adanya." Ups, bisa-bisa dia merasa kecewa karena Anda seperti tidak mendukungnya meskipun Anda bermaksud membesarkan hatinya. Diet adalah salah satu bentuk pengaturan pola makan dengan berbagai tujuan kesehatan. Misalnya mengurangi berat badan, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi dan lain sebagainya.

Bila Anda memiliki rekan yang sedang berdiet, sebaiknya Anda tidak mengusik konsentrasi mereka untuk melakukannya. Apalagi sampai mengucapkan kata-kata di bawah ini. Bisa-bisa Anda mengacaukan pola makan dan menghancurkan program dietnya. O..ow.. apa saja sih yang tidak boleh Anda katakan pada orang yang sedang berdiet?

1. "Aku bikin ini buat kamu seorang."

Anda boleh mengatakannya bila makanan yang Anda buat adalah makanan yang menunjang program dietnya. Jika tidak, lebih baik Anda makan sendiri. Bila Anda mengatakan demikian, dia akan serba salah dengan posisinya yang harus mematuhi aturan diet, sementara ia tidak ingin mengecewakan Anda. Psikolog klinis, Brooke Bailer PhD mengatakan bahwa sebuah jeda dalam diet bisa menjadi selama-lamanya jeda. Anda tidak sampai hati kan menghancurkan apa yang sudah dibangun oleh rekan Anda demi keberhasilan dietnya?

2. "Makan sedikit nggak akan ngefek," atau "Satu gigit saja."

Anda mungkin merasa orang yang sedang diet agak berlebihan dalam mengontrol makanannya. Anda tidak begitu salah, namun sebenarnya mereka harus waspada dengan apa yang mereka makan. Satu kesalahan pada makan siang, akan membawa mereka pada kesalahan lain di makan malam. Begitu seterusnya, kata Jen Emmert yang pernah menulis tentang beratnya sendiri yang pernah berkurang mencapai hampir 100 pound.

3. "Ayo kita rayakan dengan makan di luar."

Wow, ajakan yang sangat menarik. Tapi ini adalah big no no untuk teman Anda yang sedang diet. Bila Anda ingin merayakan sesuatu bersama, carilah kegiatan yang tidak mengandung makanan sembarangan. Carilah kegiatan yang banyak melakukan gerakan atau yang santai saja seperti nonton film.

4. "Kamu yakin kamu harus makan itu?"

Sekalipun Anda merasa makanan rekan Anda sangat aneh, tapi Anda tidak perlu mengomentarinya. Sama seperti dia tidak akan mengatur anda untuk makan-makanan yang bagus untuk diet, Anda pun tidak bisa mengaturnya untuk makan makanan yang tak menunjang program dietnya.

5. "Kamu nggak perlu diet, kamu keliatan baik-baik aja kok."

Ladies, diet tidak hanya masalah penampilan. Siapa tahu dia sedang mengalami diabetes atau tekanan darah tinggi atau kolesterol sekalipun. Daripada mengatakan hal tersebut, lebih baik Anda bertanya sejauh mana ia telah mencapai goalnya.

6. "Kamu sudah pernah coba diet A? atau udah coba suplemen B? atau sedot lemak mungkin?"

Bagaimana seseorang menurunkan berat badan lewat diet, juga merupakan pilihan orang itu sendiri. Bila Anda mengatakan hal demikian, seolah Anda menganggap dia tidak mampu menjalankan pilihan cara dietnya sendiri. Bila Anda bermaksud membantunya dengan pertanyaan tersebut, sebaiknya Anda bertanya apakah ada yang bisa Anda lakukan untuk membantunya.

7. "Ah kamu nggak asik pake diet-dietan."

Ladies, mungkin dia tidak bisa makan makanan yang sama dengan Anda, mungkin dia tidak banyak lagi menghabiskan waktu untuk wisata kuliner dengan Anda. Namun Menjadi sehat itu juga untuk bertahan hidup, bukan? Sekali lagi, masih banyak hal yang bisa ANda lakukan bersama-sama selain makan.

8. "Oh, aku udah pernah diet. Tapi, ya balik gemuk lagi."

Bukan karena Anda gagal lalu teman Anda juga akan gagal dalam dietnya. Bukan karena Anda gagal lalu teman Anda akan sia-sia saja menjalani dietnya. Ini bukanlah bentuk pernyataan yang menjelaskan pemahaman terhadap perasaannya, namun lebih kepada mengecewakannya.

Ladies, bila kita tidak bisa mengucapkan sesuatu yang baik, sebaiknya diam saja. Setidaknya, kita pun harus memahami perasaan mereka yang tengah berjuang untuk bisa menurunkan berat badan, apapun tujuan mereka. Mungkin malah sebaiknya kita belajar apakah diet yang mereka lakukan ternyata memang menyehatkan untuk diterapkan dalam hidup sehari-hari.

Nah, mari menjadi orang yang supportif terhadap teman yang sedang berdiet. Atau.. Anda tertarik ingin melakukan diet juga, Ladies? Semoga berhasil.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading