Sukses

Beauty

Ginkgo Biloba Tidak Meningkatkan Kemampuan Otak

Dalam berbagai ramuan tradisional atau pengobatan herbal, ginkgo biloba sering digunakan sebagai bahan alami untuk meningkatkan kemampuan otak dan memori. Beberapa produsen obat herbal juga sering memasukkan ginkgo biloba sebagai bahan utama. Produk tersebut laris manis. Nyatanya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa ginkgo biloba tidak memberi efek apapun pada otak.

Tidak Ada Efek, Hanya Buang-Buang Uang

Ginkgo biloba memberi dampak nol pada fungsi kognitif seseorang, terlepas dari usia berapa, jumlah dosis yang diberikan dan seberapa waktu yang dipakai untuk mengonsumsi suplemen, demikian hasil penelitian University of Hertfordshire, Inggris, dilansir Newsmaxhealth. Dalam artian, ginkgo biloba tidak memberikan efek apapun pada otak dan memori.

Menurut kepala penelitian, Keith Laws, ginkgo biloba telah banyak dipasarkan sebagai suplemen laris yang dapat meningkatkan memori, padahal diperlukan validitas untuk menyatakan bahwa hal tersebut benar. "Temuan kami menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen ginkgo biloba pada usia berapapun tidak dapat meningkatkan kemampuan memori sama sekali, hanya buang-buang waktu dan uang," ujarnya.

Tidak Dapat Mencegah Alzheimer

Penelitian di atas ditulis dalam jurnal Human Psychopharmacology: Clinical and Experimental. Sementara itu, penelitian lain yang dilakukan University of Toulouse  di Perancis menunjukkan bahwa suplemen ginkgo biloba tidak dapat mencegah penyakit Alzheimer atau kepikunan.

Jadi, berhati-hatilah ladies! Teliti dan cermat sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading