Sukses

Beauty

Perkenalkan Jagung Ungu, Sembuhkan Diabetes dan Sakit Ginjal

Kalau umumnya jagung yang kita kenal itu ada dua macam, jagung biasa dan jagung manis, kini perkenalkan si jagung ungu.

Jagung yang satu ini warnanya ungu gelap kehitaman. Konon rasanya tidak berubah dari rasa jagung biasanya, hanya saja warnanya memang berbeda.

Jagung ini, seperti dilansir oleh IndiaTimes adalah produk pengembangan makanan masa depan, yang bermanfaat besar bagi kesehatan. Jagung ini dapat menyembuhkan diabetes tipe 2 dan penyakit ginjal. Umumnya diabetes tipe 2 disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, dengan pengonsumsian yang teratur maka jagung ini akan membantu menyeimbangkan gula darah tubuh.

Saat ini jagung ini hanya tumbuh dan dikembangkan di daerah Peru dan Cili, di mana warna ungunya disebabkan oleh kandungan antosianin (sejenis flavonoid) yang juga merupakan zat anti diabetes.

Para peneliti dari departemen pangan dan nutrisi serta biokimia universitas Hallym di Korea juga ikut serta meneliti jagung tersebut. Ditemukan bahwa ada sel dan molekul antosianin aktif dalam jagung ungu. Hingga saat ini belum diketahui jelas dan mendalam soal pengaruhnya terhadap penanggulangan diabetes, namun apabila memang diyakini ini adalah obat baru untuk penyakit diabetes, maka para ilmuwan akan membantu pengembangannya.

Penelitian tentang hal ini disampaikan pada the American Journal of Physiology - Renal Physiology. Mari berharap saja bahwa apa yang ditemukan oleh para peneliti ini akan dapat membantu mengatasi penyakit diabetes tipe 2 dan ginjal ke depannya.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading