Sukses

Beauty

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Puasa telah tiba, saatnya menahan diri dari segala macam nafsu yang ada. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya puasa tak hanya wajib dari sisi agama, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan? Seperti dikutip dari ygoy.com ada beberapa manfaat kesehatan yang diberikan saat puasa seperti berikut ini:

1. Detoksifikasi alami

Tahukah Anda bahwa dengan puasa secara tidak langsung Anda telah melakukan detoksifikasi alami? Benar, puasa membantu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh, Ladies. Hal ini dikarenakan saat puasa lambung tidak terisi sehingga penyerapan nutrisi bekerja lebih optimal. Hal ini berakibat pada pembuangan racun dalam tubuh berjalan dengan efektif.

2. Mencegah tekanan darah tinggi

Saat puasa, kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh berangsur normal. Sehingga, dengan berpuasa memungkinkan penurunan tekanan darah dan kolesterol karena asupan makanan dan minuman yang mengandung lemak jahat dibatasi.

3. Meredakan nyeri

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat menurunkan resiko terkena penyakit radang sendi atau arthritis. Hal ini berhubungan dengan peningkatan kemampuan sel netrofil yang berfungsi menetralkan racun penyebab radang pada persendian.

4. Mengistirahatkan pencernaan

Sehari-harinya, lambung bekerja sedemikian kuat untuk mencerna segala jenis makanan yang masuk. Tak ayal, banyak keluhan penyakit akibat banyaknya makanan yang masuk tanpa aturan. Namun, saat puasa, lambung akan beristirahat dan akan kembali bekerja secara optimal saat berbuka dan sahur saja.

5. Diet alami

Berhubungan dengan istirahatnya lambung, puasa juga dapat mengurangi berat badan secara tidak langsung. Karena, frekuensi makan dan ngemil berkurang sehingga memungkinkan lambung untuk istirahat dan tidak mencerna banyak makanan yang berakibat pada penimbunan lemak.

Jadi, Ladies, puasa bukan hanya sekedar perintah agama, kan?

(vem/tik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading