Sukses

Beauty

5 Gejala Ringan Sakit jantung Yang Patut Diwaspadai

Vemale.com-

Sampai saat ini, penyakit jantung masih menjadi penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Banyak hal yang sebenarnya dapat menjadi indikasi bagi kita agar dapat selalu waspada pada penyakit yang mematikan ini.

Meski telah diantisipasi, banyak orang seringkali mengabaikan gejala gangguan jantung karena tanda-tanda yang muncul terkesan biasa saja dan tidak membahayakan. Namun, sebaiknya Anda mencermati 5 gejala ringan sakit jantung seperti berikut ini:

1. Tekanan di dada

Saat melakukan aktivitas, Anda seringkali merasakan tekanan pada dada, terlebih pada dada sebelah kiri. Tekanan ini seperti nyeri yang jika dibiarkan akan menghilang dengan sendirinya. Namun, ada baiknya Anda waspada karena tekanan ini diakibatkan oleh berkurangnya aliran darah ke otot jantung yang membuat suplai oksigen ke sel-sel jantung tersendat.

2. Lelah sepanjang hari

Jika setiap harinya Anda merasakan nyeri yang berkepanjangan meski telah istirahat cukup, sebaiknya Anda tidak meremehkan kondisi ini. Kelelahan sepanjang hari tersebut merupakan pertanda bahwa jantung Anda kurang mendapatkan suplai oksigen akibat gangguan pada jantung.

3. Sering buang air kecil

Saat malam menjelang, Anda menjadi sering buang air kecil. Waspadalah, ciri tersebut merupakan gejala lain dari gangguan jantung. Hal tersebut dipicu oleh tranfer cairan berlebih dan terakumulasi pada kaki saat siang hari. Untuk menguranginya, ada baiknya Anda mengontrol asupan cairan pada malam hari.

4. Nafsu makan berkurang

Berkurangnya nafsu makan merupakan salah satu gejala pada penderita gangguan jantung. Kondisi lambung yang selalu merasa kenyang diakibatkan oleh akumulasi cairan yang ada di dalam hati dan sistem pencernaan sehingga dapat menurunkan nafsu makan.

5. Batuk

Hal terumum yang seringkali ditemukan pada penderita penyakit jantung adalah batuk kronis. Batuk ini dipicu oleh akumulasi cairan pada paru-paru. Biasanya, banyak orang menganggap batuk tersebut adalah asma atau gangguan paru-paru yang lain.

(vem/tik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    What's On Fimela
    Loading