Sukses

Beauty

4 Kesalahan Saat Berlatih Kardio & Cara Mengatasinya

Oleh: Tim Dunia Fitnes

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan pembakaran lemak adalah dengan melakukan latihan kardio. Ada banyak jenis latihan kardio yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan, seperti jogging, bersepeda, berenang, dan masih banyak lagi.

Sama halnya dengan latihan lainnya, dalam melakukan latihan ini Anda harus dibekali dengan teknik dan pengetahuan yang baik seputar latihan kardio. Kesalahan yang Anda lakukan selama latihan hanya akan membuat usaha Anda sia-sia dan penurunan berat badan yang Anda impikan akan sulit tercapai.

Berikut ini beberapa kesalahan-kesalahan mendasar yang mungkin sering Anda lakukan saat berlatih kardio.

1. Latihan ringan dalam jangka waktu lama adalah yang terbaik

Melakukan kardio dalam waktu yang lama memang baik untuk membakar lemak. Tapi, intensitas latihan yang ringan kurang efektif untuk memacu pembakaran lemak dalam tubuh. Dan jika ada metode latihan yang bisa Anda lakukan dalam waktu singkat dengan hasil yang lebih baik, kenapa tidak? Metode kardio terbaik untuk membakar lemak adalah HIIT (High Intensity Interval Training). Caranya, lakukan lari sprint selama 20 detik, istirahat 10 detik, kemudian lari lagi 20 detik dan istirahat 10 detik, begitu seterusnya selama 4-5 menit. Bahkan, dengan cara ini tubuh Anda akan masuk dalam fase afterburn effect, yaitu proses pembakaran lemak yang terjadi setelah latihan.

2. Mengonsumsi banyak karbohidrat sebelum latihan

Jika Anda melakukan hal ini, tubuh Anda hanya akan membakar karbohidrat yang baru saja Anda makan, bukan lemak! Makan sebelum latihan memang perlu, dengan syarat pilihan makanan Anda harus tepat. Pilihlah makanan dengan kalori yang baik seperti yang terdapat dalam buah-buahan dan biji-bijian. Dengan begitu tubuh Anda akan tetap berenergi dan membakar lemak secara optimal.

3. Berlatih dengan perut kosong

Memang cara ini efektif untuk membakar lemak, dengan catatan latihan kardio dilakukan dalam intensitas sedang seperti jogging, jalan cepat, dan lainnya. Namun, jika Anda berlatih dengan menggunakan metode HIIT, sangat disarankan agar Anda makan sebelum latihan. Konsumsilah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum, oatmeal, dan lainnya, 30-60 menit sebelum latihan, sebagai sumber energi lepas berkala yang baik bagi tubuh Anda.

4. Cukup dengan kardio

Banyak orang berpendapat bahwa hanya dengan melakukan latihan kardio saja berat badan mereka akan turun drastis, tanpa memperhatikan faktor-faktor pendukung lainnya, seperti pola makan dan istirahat yang cukup. Ini adalah pemahaman yang keliru! Perlu Anda ketahui bahwa untuk mendapatkan manfaat terbaik dari latihan kardio, Anda harus menyeimbangkan 3 hal berikut ini yaitu, pola makan sehat, tidur cukup, dan latihan teratur.

Hindari kesalahan-kesalahan latihan di atas, jalankan latihan kardio secara tepat dan dapatkan tubuh ideal yang Anda impikan.

(df/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading