Sukses

Beauty

Kapan Waktu Untuk Mengganti Bantal, Sprei dan Selimut Tidur?

Untuk mendapatkan kualitas kesehatan yang maksimal, kita perlu menjaga kesehatan tersebut semaksimal mungkin pula. Tak hanya menerapkan pola hidup sehat, menjaga kesehatan juga bisa dilakukan dengan mengganti peralatan tidur seperti bantal, sprei, selimut, guling, boneka bahkan kasur di waktu yang tepat.

Melansir dari laman womensday, mengganti peralatan tidur di waktu tepat bisa meminimalisir adanya bakteri maupun kuman di tempat tidur. Ini juga bermanfaat agar kita bisa memiliki kualitas tidur yang mengesankan. Lantas, kapan sebaiknya mengganti peralatan tidur?

Bantal
Untuk bantal, sebaiknya ganti sarung bantal setiap satu bulan sekali. Untuk bantalnya sendiri, segera ganti jika bantal sudah terasa tidak nyaman lagi. Idealnya bantal diganti setiap 2 tahun sekali.

Sprei
Sama dengan sarung bantal, sprei idealnya diganti setiap 1 bulan sekali dengan sprei yang bersih. Memakai sprei yang sama terlalu lama bisa membuat debu, kuman serta bakteri berada di sprei. Jika hal ini sudah terjadi, tubuh akan lebih mudah terserang berbagai masalah khususnya masalah kulit dan masalah saluran pernafasan.

Guling
Guling adalah salah satu peralatan tidur yang kerap ada di tempat tidur banyak orang. Untuk sarung guling sebaiknya juga diganti setiap 1 bulan sekali dengan sarung guling yang bersih. Sementara untuk gulingnya sendiri, segera ganti jika guling sudah kempes atau tidak nyaman lagi digunakan.

Selimut
Maksimal waktu untuk mencuci selimut yang digunakan adalah 6 bulan. Sebaiknya cuci selimut sesering mungkin agar tidak ada bakteri maupun kuman yang bersarang di dalamnya. Selimut yang jarang dicuci bisa menjadi sarang debu dan berbagai bakteri, kuman serta jamur. Jika sudah begini, selimut bisa menyebabkan risiko asma dan rhinitis.

Kasur
Kasus sebaiknya diganti setiap 8 atau 10 tahun. Kasur juga perlu dijemur dan dibersihkan dengan penyedot debu setiap 1 bulan sekali. Membersihkan kasur dengan rutin akan mengurangi risiko kasur menjadi sarang debu maupun kotoran lainnya. Kasur yang dibersihkan rutin juga akan terasa tetap nyaman dan ketahanannya pun bisa semakin lama.

Itulah waktu yang tepat untuk mengganti peralatan tidur seperti halnya bantal, sprei dan selimut bahkan kasur. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading