Sukses

Beauty

Bawang Sudah Dicincang dan Dibiarkan Lama Bisa Beracun, Benarkah?

Bawang putih, bawang merah dan bawang bombay mungkin sudah bukan benda asing lagi di dapur. Hampir semua masakan menggunakan bawang sebagai bumbu masakan. Setelah dikupas dan dicincang, memang sebaiknya bawang langsung diolah atau dimasak, tidak dibiarkan terkena udara hingga lama. Salah satu alasannya adalah bawang akan berubah warna dan tidak segar lagi.

Namun tahukah ladies? Ternyata banyak orang yang mengira bahwa bawang yang sudah diiris, dicincang dan dibiarkan terkena udara terlalu lama bisa menyebabkan racun jika tetap diolah dan dimakan. Benarkah?

Bawang yang sudah dipotong dan dibiarkan terkena udara terlalu lama, tidak segera dimasak akan mengumpulkan bakteri dan berbahaya untuk kesehatan karena menyebabkan racun ketika dimakan. Secara umum, bawang memang bersifat anti bakteri dan obat alami jika dikonsumsi langsung, namun tak banyak yang tahu bagaimana efeknya jika dimakan dalam kondisi sudah lama terkena udara dalam keadaan sudah dipotong-potong.

Bawang yang sudah dicincang/copyright Pexels.com

Namun dilansir dari Real Simple, spesialis keamanan pangan Ellen Steinberg, PhD, R.D., L.D., mengatakan bahwa tak ada bukti atau validasi ilmiah yang mendukung anggapan ini sama sekali. Salah satu alasannya, karena susunan kimiawi bawang tidak mendukung pertumbuhan bakteri.

PH rendah pada bawang yaitu bersifat asam dan kandungan protein rendah merupakan kondisi yang membuktikan bahwa bawang bukan tempat berkembang biak yang ideal untuk kuman, virus atau patogen lainnya. Sebaliknya, bawang mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri.

Hal ini juga diungkapkan Asosiasi Bawang Nasional dan Pusat Kesehatan dan Keamanan Pangan dari University of Georgia bahwa air yang keluar saat bawang dipotong justru akan membunuh atau mencegah berbagai tipe mikroorganisme tumbuh, termasuk beberapa mikroorganisme yang menyebabkan keracunan makanan pada manusia.

Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa tidak benar jika bawang yang sudah dipotong-potong dan dibiarkan terkena udara lama atau tidak langsung diolah menyebabkan racun pada tubuh, ladies. Namun memang akan lebih baik jika langsung diolah agar bawang tidak layu dan berubah warna karena terkena udara.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading