Sukses

Beauty

Penyebab Kanker Payudara yang Sering Terjadi Namun Jarang Disadari

Kanker payudara merupakan salah satu kanker paling ditakuti kaum hawa. Kanker ini sendiri menjadi salah satu kanker paling mematikan setelah kanker serviks dan kanker ovarium. Sel-sel kanker yang tumbuh di payudara bisa menyebar dan tumbuh di organ tubuh lain misalnya kelenjar getah bening.

Melansir dari laman prevention.com, sejauh ini belum diketahui pasti apa penyebab kanker payudara. Genetik, pola hidup yang buruk dan stres berat digadang-gadang sebagai penyebab kanker payudara. Para ahli juga memperkirakan adanya penyebab lain dari kanker payudara. Penyebab tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Usia. Semakin bertambah usia seseorang, semakin tinggi risiko kanker payudara yang mengintainya.
  2. Kanker payudara lebih rentan terjadi pada kaum hawa. Meski pada kenyataannya ada pria yang terserang kanker, kemungkinan pria terserang kanker payudara sangatlah kecil. 
  3. Adanya paparan radiasi bisa menyebabkan risiko kanker payudara lebih besar di tubuh. Para ahli menyebutkan jika seseorang yang pernah menjalani radioterapi, ia rentan terserang kanker salah satunya kanker payudara. 
  4. Wanita yang belum pernah hamil dan menyusui memiliki risiko kanker payudara yang lebih besar. Hamil dan menyusui sendiri adalah cara termudah yang bisa dilakukan wanita untuk terhindar dari kanker payudara. 
  5. Selain berisiko tinggi pada wanita yang belum hamil, kanker payudara juga berisiko pada wanita yang hamil serta melahirkan di usia cukup tua yakni usia di atas 30 tahun. 
  6. Konsumsi alkohol secara tidak langsung akan membahayakan tubuh. Konsumsi alkohol ini juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara. 
  7. Merokok dan pola hidup serta makan yang buruk juga akan menambahkan risiko kanker payudara menyerang tubuh. 
  8. Bagi kamu yang mendapatkan menstruasi di usia terlalu muda di bawah 12 tahun, kamu perlu waspada dan memperbaiki pola hidup lebih sehat sekarang. Wanita yang mendapat menstruasi di usia sangat mudah dipercaya memiliki risiko kanker payudara lebih tinggi. 
  9. Adanya riwayat kanker payudara pada keluarga juga akan meningkatkan risiko kanker payudara pada diri seseorang. Mutasi pada gen BRCA1 dan BRCA2 bisa membuat kanker payudara diturunkan dengan mudah dari orang tua ke anaknya.


Itulah beberapa penyebab kanker payudara yang sering terjadi namun jarang disadari. Meski penyebab ini tidak bisa dipastikan apakah benar-benar menyebabkan kanker payudara, dari sekian banyak kasus, beberapa penderita kanker payudara mendapati hal ini sebelum mereka sakit.

Miliki pola hidup sehat, istirahat dan olahraga cukup demi terhindar dari berbagai penyakit terutama penyakit kanker payudara. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala demi mendeteksi resiko berbagai penyakit lebih awal dan mengobati sejak sedini mungkin.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading