Sukses

Beauty

4 Manfaat KB Selain Mengatur Jumlah Anak dalam Keluarga

Program Keluarga Berencana (KB) dilakukan tidak hanya untuk menunda kehamilan atau membatasi jumlah anak di dalam sebuah keluarga. Lebih dari itu, KB ternyata memiliki sejumlah manfaat lain yang begitu menguntungkan.

Melansir dari Liputan6.com, Dokter spesialis obsteri dan ginekologi RS Cipto Mangunkusumo Andon Hestiantoro mengungkapkan ada beberapa manfaat KB yang bisa didapat ibu selain bisa membantu menunda kehamilan. Apa saja manfaatnya?

Mencegah Gangguan Reproduksi
Melakukan KB bisa membuat para ibu tahu lebih dalam mengenai kesehatan tubuhnya. Dengan melakukan KB, ibu bisa mencegah risiko kehamilan terlalu muda atau tua. KB juga bisa mempersiapkan kehamilan yang pas untuknya. Karena apa, kehamilan yang terlalu dekat antara kehamilan satu dengan lainnya ternyata sangat meningkatkan risiko bayi lahir prematur.

Menurunkan Risiko Kanker
Menggunakan alat kontrasepsi bisa membantu wanita mencegah risiko terkena kanker indung telur dan ovarium. Selain itu, ini juga bisa membuat wanita rutin memeriksakan diri ke bidan atau dokter sehingga bisa dilakukan deteksi risiko kanker sejak lebih dini.

Menjaga Kesehatan Jiwa
Tidak sedikit wanita yang energi tubuhnya dan emosinya terkuras. Karena hal ini, tidak sedikit dari mereka yang rentan mengalami stres hingga depresi. Dengan melakukan KB dan kehamilan bisa diatur sebaik mungkin, ini bisa membuat ibu lebih mudah menyetabilkan emosi jiwanya.

Mencegah Risiko Radang Panggul
Masalah yang sering terjadi pada wanita selepas mengandung dan melahirkan adalah radang panggul. KB bisa mengatur kehamilan. Itu artinya, ini juga bisa mencegah risiko radang panggul karena kehamilan bisa ditunda atau dibatasi.

Itulah beberapa manfaat dari KB selain mengatur jumlah anak dalam keluarga. Saat memilih program KB, pastikan untuk memilih program KB paling tepat ya? Tak hanya istri, KB juga bisa dilakukan oleh suami.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading