Sukses

Beauty

Apakah Warna Lensa Gelap Bisa Lindungi Mata dari Sinar UV?

Menjaga kesehatan mata, faktanya tidak cukup hanya dengan mengonsumsi makanan sehat. Bahkan melindungi kesehatan mata dari radiasi sinar ultraviolet (UV), tidak cukup hanya sekadar menggunakan kacamata saja.

Meskipun cuaca lagi terik, panas matahari menyengat, dan kamu hanya menggunakan kacamata hitam saja, tidak akan mampu menangkal sinar UV yang masuk ke mata.

"Jadi sebenarnya warna lensa sama sekali tidak ada hubungannya dengan kemampuan perlindungan sinar UV karena yang terpenting adalah radiasi sinar UV terserap oleh material lensa," jelas Managing Director South East Asia-Carl Zeiss, Ven Raman.

Nah sekarang jika kalian punya beragam warna kacamata dan biasa digunakan untuk menghalau panas matahari, segera ganti lensanya Ladies! Itu karena kebanyakan lensa masih belum melindungi sepenuhnya dari radiasi sinar UV, dimana panjang gelombang 400 nm masih dapat menjangkau mata dan berisiko bagi kesehatan mata.

Jika ingin mendapatkan lensa dengan kemampuan UV protection, kamu bisa langsung meluncur ke optik terpercaya. "Semua lensa di Optik Tunggal dipastikan UV protect," jelas Chairman PT Optik Tunggal Sempurna, Alexander F. Kurniawan.

Lensa Bening

Selain itu Ladies ada hal lain yang wajib kamu ketahui. Sinar UV selalu ada setiap waktu dan sepanjang hari, bahkan saat cuaca mendung. Mata kamu tetap membutuhkan perlindungan UV protection. Demi perlindungan kesehatan mata, ZEISS bersama Optik Tuggal menghadirkan ZEISS UVProtect Clear Lenses.

Ini merupakan kacamata bening dengan panjang gelombang 400 mn atau biasa dikenal UV400. Meski lensa kacamata bening, ZEISS UVProtect Clear Lenses ini tetap punya kemampuan perlindungan kacamata hitam UV400.

Dokter Spesialis Mata dari RSCM, Astrianda Suryono mengatakan, perlindungan mata menggunakan kacamata sangat disarankan, untuk mencegah kerusakan akibat sinar UV, terutama ketika beraktivitas di bawah cahaya mahatari jangka panjang. "Lensa kacamata akan berfungsi sebagai 'sunblock' yang memblokir sinar matahari agar tidak langsung mengenai mata."

Dia juga menegaskan Ladies agar pintar-pintar memilih kacamata dengan lensa yang memiliki lapisan anti-UV. "Perlu diperhatikan lagi bahwa proteksi terhadap sinar UV bukan pada warna lensa, melainkan hasil teknologi spesial dalam materi lensa plastik yang dapat menyerap keseluruhan spektrum sinar UV, tanpa membatasi pandangan pengguna kacamata," jelas Astrianda.

Ladies, protect your eyes from harmful UV and keeping your eyes healthy!

(kly/tmi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading