Sukses

Beauty

4 Cara Agar Perut Tidak Kembung Saat Menstruasi

Saat menstruasi, tubuh wanita mengalami perubahan hormon dan hal ini bisa memberi banyak dampak pada tubuh, salah satunya adalah perut kembung. Perut pasti tak akan nyaman jika kembung karena terasa penuh dan sesak. Belum lagi jika harus memakai baju yang pas di tubuh, bisa jadi perut tampak buncit. Tak ingin perut kembung merusak penampilanmu kan?

Dilansir dari Womenshealthmag.com, ini sekian cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir perut kembung saat menstruasi.

1. Makan makanan berprotein dan kalium tinggi

Makanan yang mengandung kalium tinggi seperti buah pisang, melon, tomat dan asparagus. Mineral ini akan membantu membuang kelebihan gas yang terjebak di dalam perut, ujar Isabel Smith, R.D., ahli diet dari New York. Begitu pula untuk makanan berprotein tinggi seperti tahu, tempe, dan telur yang mampu menurunkan hormon penyebab perut kembung.

2. Hindari makanan penyebab gas

Sayuran hijau semacam brokoli, kembang kol, kol, selada dan berbagai jenisnya bisa memicu pembentukan gas di perut sehingga sebaiknya hindari dulu. Lebih banyaklah makan karbohidrat untuk menjaga pencernaan.

3. Jangan berhenti olahraga

Olahraga justru dibutuhkan ketika kamu menstruasi karena bisa menjaga perut agar tidak kram, melatih tubuh sehingga peredaran darah lancar dan yang paling penting adalah melancarkan metabolisme pencernaan sehingga perut tidak menahan gas di dalam.

4. Kurangi makanan manis

Karbohidrat bisa mengandung gula, namun jangan kelebihan mengonsumsi gula saat menstruasi. Karena gula justru bisa memicu kembung dan produksi gas berlebih. Kurangi juga segala makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan.

Peri kembung saat menstruasi memang membuatmu tak enak makan dan membuat perut begah, jadi lebih baik kamu melakukan sekian cara di atas agar tidak kembung meski sedang menstruasi, ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading