Sukses

Beauty

Ladies, Kenali Gejala Kanker Darah yang Mengancam Nyawa

Dibanding penyakit kanker lain, limfoma menjadi salah satu penyakit yang mendapat perhatian rendah dari masyarakat. Padahal kanker limfoma yang dikenal sebagai kanker darah atau kanker getah bening ini jumlahnya meningkat setiap tahun.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam,  Ronald. A. Hukom di acara Peringatan Hari Peduli Limfoma Sedunia menjelaskan, faktor risikonya beragam. "Ada yang disebabkan karena faktor genetik, juga gaya hidup seperti merokok, bahan kimia, radiasi, dan lainnya," kata Ronald, Sabtu (15/9).

Gejala limfoma bahkan tidak khas atau samar. Namun jika ditelusuri, gejala yang umum berupa pembengkakan kelenjar getah bening--di leher, ketiak, dan lipatan paha, sesak napas dan batuk, sakit kepala, pembengkakan amandel, dan lainnya.

Dari penjelasan tersebut, ada yang perlu kamu ketahui yaitu beberapa jenis kanker darah. Pertama Limfoma Hodgkin (LH), kedua Non-Hodgkin (NHL). Dari dua jenis itu, sekitar 90 persen orang menderita NHL dan sisanya Limfoma Hodgkin. Yuk bahas singkat keduanya, Ladies.

Limfoma Hodgkin
LH merupakan jenis yang paling bisa disembuhkan. Biasanya LH menyerang getah bening yang terletak di leher dan kepala. Umumnya pasien didiagnosis pada usia 15 sampai 33 tahun.

Limfoma Non-Ds
Jenis kanker ini pertumbuhan selnya beragam ada yang lambat (indolent/low grade) dan cepat (aggresive/high-grade). Limfoma jenis ini sering terjadi pada usia khususnya pada orang berusia lanjut atau di atas 60 tahun.

Selain itu Ladies, berdasarkan data Kementerian Kesehatan dari Rumah Sakit Dharmais pada 2008-2013, limfoma menjadi kanker yang paling banyak diderita anak.

Faktor risiko atau penyebab pasti limfoma pada anak belum diketahui pasti. Oleh karena itu, orang tua wajib waspada ketika muncul gejala, dan wajib ditangani dengan cepat.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading