Sukses

Beauty

Apakah Kaca Mata Anti Radiasi Efektif Lindungi Mata?

Bagi pemilik mata yang bermasalah seperti mengalami minus dan plus, sangat penting menjaga kesehatan mata agar tidak bertambah parah. Salah satunya adalah dengan penggunaan kacamata sesuai dengan kekurangan yang dimiliki mata.

Apalagi jika harus bekerja sepanjang hari di depan layar komputer, pasti dibutuhkan perlindungan khusus untuk menjaga kesehatan mata. Kacamata anti radiasi adalah jenis kacamata paling umum yang bisa dipakai untuk melindungi mata dari radiasi sinar komputer. Namun apakah kacamata ini efektif?

Dilansir dari Lifehacker.com, spesialis mata bernama Dr Jeffrey Anshel mengatakan bahwa efektivitas kacamata bersifat subjektif, bergantung pada pemakainya. Faktor seperti kemampuan visual, penggunaan komputer, kondisi atau lingkungan tempat kerja serta kebiasaan penglihatan sangat berpengaruh.

Jika kamu tidak mengalami masalah mata sebelumnya, tidak memakai kacamata sebenarnya tidak masalah. Terutama kacamata coated atau kacamata khusus untuk komputer tak akan berpengaruh banyak padamu. Sebaliknya, justru bisa jadi penghalang.

Kacamata komputer/copyright Pexels.com/Designecologist

Dr. Robert Noecker, dokter mata sekaligus Direktur Glaukoma Konsultan Oftalmik Connecticut, mengatakan bahwa kacamata komputer tidak selalu bisa mencegah stress pada mata di lingkungan yang sudah dioptimalkan. Apalagi rentang jangkauan mata dari satu sisi ke sisi lainnya lebih maksimal jika tanpa kacamata.

Tepian bingkai kacamata justru menghalangi ruang gerak penglihatan dan orang justru tak akan mendapatkan manfaat darinya karena merasa tidak nyaman. Namun jika memang kamu sudah memiliki masalah mata, seperti mata lelah, pedih ketika bekerja di depan komputer dalam waktu lama, maka pemakaian kacamata pelindung ini sangat disarankan, ladies.

Untuk mencegah mata lelah karena bekerja di depan komputer, dokter menyarankan untuk melakukan aturan 20-20-20, yaitu 20 menit bekerja (di depan komputer), 20 detik mengistirahatkan mata dengan cara berkedip dan mengalihkan pandangan dari komputer atau melihat objek jauh sekitar 20 kaki dari tempatmu berdiri.

Jadi, kini kamu sudah tahu kan seperti apa kacamata komputer efektif melindungi mata? 

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading