Sukses

Beauty

Pentingnya Jaga Kesehatan Gigi Sebelum Mulai Hamil

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan jika kamu berencana hamil. Mulai dari kesehatan organ intim, kesuburan tubuh hingga kesehatan gigi yang jika dilihat sekilas tak ada hubungannya dengan kehamilan. Namun ternyata kesehatan gigi menyimpan faktor penting yang perlu diperhatikan oleh wanita yang ingin hamil.

Dilansir dari Baby Center.com, bukan hanya nutrisi saja yang dibutuhkan tubuh untuk bisa hamil, tapi juga kesehatan rongga mulut dan gigi. Perubahan hormon selama kehamilan akan membuat wanita lebih rentan terhadap penyakit gusi. Kadar progesteron dan estrogen yang lebih tinggi dapat menyebabkan gusi bereaksi lebih sensitif terhadap bakteri di dalam rongga mulut.

Jika tidak dijaga kesehatannya, risiko mengalami plak, gusi bengkak, merah, dan empuk bisa dialami wanita ketika hamil. Terkadang menggosok gigi atau menggunakan benang gigi saja bisa menyakitkan atau tidak nyaman.

Diungkapkan bahwa wanita yang menjaga kesehatan periodontal mereka sebelum hamil lebih kecil kemungkinan mengalami komplikasi gusi selama kehamilan. Namun kapan waktu terbaik memeriksakan gigi sebelum hamil?

Disarankan wanita perlu memeriksakan kesehatan gigi ke dokter paling tidak dalam enam bulan terakhir sebelum berencana hamil. Lebih dekat dengan kehamilan semakin baik.

Jadi, jika berencana hamil, jangan lupa periksa kesehatan gigi dan gusi ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading