Sukses

Beauty

Trik Agar Tidak Perih Saat Menggunakan Obat Pada Luka

Rasa perih menjadi hal biasa ketika kita membersihkan atau mengobati luka. Bahkan, ada yang mengatakan semakin perih luka saat diobati, semakin bagus untuk kesembuhan luka.

Lalu apakah anggapan tersebut sebuah mitos atau fakta? Dr. Adisaputra Ramadhinara, dokter spesialis luka pertama dan satu-satunya di Indonesia pun meluruskan beberapa anggapan kurang tepat seputar pembersihan luka.

Lebih lanjut, dr Adisaputra mengatakan, bahwa anggapan obat pembersih luka yang semakin perih itu semakin bagus adalah sebuah mitos.

Lalu mengapa saat menggunakan obat, luka semakin perih? Dokter Adisaputra menjelaskan, kandungan dalam banyak produk pembersih luka yang dijual bebas mengandung bahan yang bisa menyebabkan sakit perih dan meninggalkan noda.

“Bagi saya, pembersih luka yang meninggalkan noda tidak menjadi pilihan karena menutupi luka dengan warna yang bukan warna asli luka tersebut sehingga keadaan luka yang sebenarnya tidak bisa terlihat,” ujarnya saat ditemui dalam peluncuran ‘Hansaplast Spray Antiseptik’, di Jakarta, Rabu (5/9).

Pembersih luka yang tidak pedih/copyright Vemale.com/Anisha Saktian Putri

Di klinik dan rumah sakit, dr. Adisaputra lebih memilih untuk menggunakan obat pembersih luka yang mengandung Polyhexanide (PHMB) sebab tidak meninggalkan noda. PHMB juga tidak berbau dan tidak menimbulkan rasa perih.

“Kandungan PHMB dalam pembersih luka yang secara umum digunakan di klinik dan rumah sakit, saat ini diluncurkan oleh Hansaplast dalam bentuk produk OTC/ Over the Counterproduk yang dijual bebas tanpa resep dokter. Hansaplast Spray Antiseptik adalah solusi praktis untuk mencegah dan mengatasi infeksi, tidak meninggalkan noda dan tidak berbau," tutup Setiawan Saputra, Marketing Manager Hansaplast.

Jadi, kini sudah tahu kan bahwa mengobati luka justru bisa lebih nyaman dan tidak terasa pedih karena ternyata pedih tidak menjamin cepat lambatnya luka yang sembuh.

(vem/asp/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading