Sukses

Beauty

Sepele Sih, Tapi Jika Dilakukan Terus Mata Bisa Rusak

Mata adalah panca indra yang paling penting karena dengan mata kita melihat. Mata memiliki banyak bagian yang berfungsi bersama untuk menghasilkan penglihatan yang jernih. Saraf optik dari mata menerima sinyal cahaya dari luar dan mengirimkannya ke bagian otak sebagai impuls listrik di mana mereka ditafsirkan dan menghasilkan penglihatan.

Karena itu kesehatan mata amat sangat penting Ladies. Kamu mungkin tidak tahu bahwa ada beberapa kebiasaan yang jika kamu lakukan terus-menerus bisa memengaruhi kesehatan mata lho. Yuk cari tahu informasi lengkapnya untuk mencegah mata jadi sakit Ladies.

  • Kebiasaan pertama yang bisa merusak mata adalah merokok. Ini meningkatkan risiko katarak - mengaburkan lensa mata yang membuat sulit untuk melihat.
  • Terkena sinar matahari beberapa saat tanpa kacamata hitam juga bisa menyebabkan fotokeratitis, juga dikenal sebagai sengatan matahari pada mata. Kondisi ini tidak menyebabkan kerusakan permanen pada mata, tetapi kamu mungkin mengalami gejala seperti mata merah, robekan berlebihan, dan kepekaan berlebihan terhadap cahaya.
  • Menatap layar elektronik terlalu lama juga bisa menyebabkan kerusakan mata lho. Penggunaan berlebihan perangkat elektronik membuatmu terpapar cahaya biru dari layar yang memengaruhi mata, dan terlalu banyak eksposur dapat mengganggu siklus tidur, sehingga sulit untuk tidur di malam hari.
  • Menggunakan obat tetes mata tanpa petunjuk dokter ternyata juga bisa berbahaya. Ini jika kamu berlebihan dan terlalu sering menggunakannya.
  • Ketika benda asing masuk ke mata, kamu akan segera mulai mengucek mata. Ini mungkin terasa enak untuk sementara waktu, tetapi menguceknya dengan keras dapat menyebabkan goresan dan distorsi kornea. Kornea sangat sensitif dan dapat tergores dengan mudah jika sesuatu masuk ke mata.
  • Insomnia adalah salah satu penyebab yang mencegah mata mendapatkan sirkulasi cairan yang dibutuhkan dan menyebabkan bengkak pada mata.
  • Tidak membersihkan softlens juga berakibat kurang baik untuk kesehatan mata lho.
  • Produk kecantikan seperti maskara, eyeliner, eye shadow dan krim mata digunakan di dalam dan di sekitar mata yang dapat membuat mata rusak. Menggunakan makeup mata bisa menghalangi kelenjar minyak kelopak mata yang selanjutnya dapat menyebabkan gatal dan infeksi. Produk kadaluarsa atau lebih buruk juga dapat menyebabkan iritasi, kekeringan mata dan kondisi mata lainnya seperti konjungtivitis.


Nah, jika kamu termasuk salah satu yang masih melakukan berbagai kebiasaan ini, sedari kini segera ubah ya Ladies.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading