Sukses

Beauty

4 Khasiat Air Rebusan Daun Salam, Bisa untuk Penunjang Diet Juga Lho!

Selama ini kita sering menggunakan daun salam untuk membuat hidangan dengan aroma yang lebih sedap. Tapi tahukah kalau daun salam juga mengandung banyak khasiat untuk kesehatan tubuh? Air rebusannya pun bisa memberi banyak manfaat untuk tubuh.

Daun salam mengandung banyak zat nutrisi yang baik untuk tubuh. Dikutip dari mediskus.com, daun salam mengandung sejumlah komponen aktif yang mudah menguap yang berkhasiat sebagai antiseptik, antioksidan, serta dianggap memiliki sifat anti-kanker. Air rebusan daun salam bisa juga diminum secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Setidaknya ada empat khasiat yang bisa didapat dengan meminum air rebusan daun salam.

1. Menjaga kesehatan jantung
Kita bisa merebus 10 lembar daun salam dengan 3 gelas air untuk disaring, kemudian diminum dalam keadaan hangat secara rutin. Kandungan daun salam seperti asam caffeic, fitonutrien, dan senyawa salisilat diyakini bisa membantu mencegah stroke. Kandungan flavonoidnya pun bisa membantu menstabilkan tekanan darah.

2. Meluruhkan lemak jahat, baik untuk diet
Melansir dietsehat.co.id, salah satu khasiat rebusan daun salam adalah menahan rasa kenyang lebih lama. Hal ini karena kandungan serat air rebusan daun salam yang bisa memberi efek tidak mudah lapar. Proses metabolisme tubuh pun akan lebih lancar dan mampu meluruhkan lemak jahat yang ada di dalam tubuh. Racun penyebab obesitas bisa dibuang dan berat badan bisa lebih cepat turun bila diimbangi dengan pola makan dan gaya hidup sehat.

Cara lain membuat air rebusan daun salam untuk melancarkan diet adalah sebagai berikut:
1. Siapkan 30 lembar daun salam dan 2 gelas air putih.
2. Rebus dulu air sampai mendidih, baru masukkan daun salam.
3. Rebus hingga airnya tinggal separuh.
4. Minum air rebusan daun salam dalam keadaan hangat atau sudah dingin.
5. Bisa diminum setiap hari atau sesuai kebutuhan.

3. Mengobati sakit maag
Penderita maag juga bisa menggunakan air rebusan daun salam sebagai alternatif untuk meredakan gejala mual. Naiknya asam lambung yang membuat perut perih bisa kembali distabilkan dengan minum air rebusan daun salam. Tapi kalau penyakit maag sudah kronis, sebaiknya berkonsultasi ke dokter ya ladies.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Daun salam mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin D. Kandungan vitamin C ini pun bisa berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Sehingga kekebalan tubuh atau sistem imun bisa terjaga dengan lebih baik. Tubuh pun jadi nggak gampang sakit.

Air rebusan daun salam bila dikonsumsi dalam kadar cukup memang bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Termasuk bisa membantu menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, meredakan stres, meredakan batuk, mencegah penyakit kanker, dan mengatasi penyakit asam urat.

Semoga infonya bermanfaat ya ladies!





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading