Sukses

Beauty

Ini Dia Penyebab Makan Berlebihan Saat Malam Hari

Apakah kamu termasuk orang yang suka mengemil setelah selesai makan malam? Jika iya, dilansir dari klik dokter bisa saja kadar ghrelin yang berperan dalam meningkatkan nafsu makan atau hormon lapar sedang tidak stabil.

Berdasarkan penelitian di Amerika Serikat yang diterbitkan di International Journal of Obesity, waktu malam adalah waktu bagi sebagian orang memiliki nafsu makan yang tinggi sehingga bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Mereka mengungkapkan hasil penelitian mereka bahwa orang akan merasa lebih lapar pada malam hari ketimbang siang hari. Level hormon ghrelin menjadi lebih tinggi setelah konsumsi makanan pada sore hari dibanding pada pagi hari, sementara level hormon peptida YY (PYY), yaitu hormon peredam rasa lapar, mengalami penurunan pada malam hari. Mereka juga menambahkan bahwa tingkat stress juga bisa mempengaruhi hormon lapar untuk makan berlebih pada malam hari.

Tentunya makan malam akan berakibat buruk pada kesehatan, seperti dapat mengganggu ritme sirkadian (dikenal juga sebagai jam alami tubuh). Seperti yang kita tahu, bahwa setiap dokter menyarankan waktu makan malam yang terbaik adalah sebelum jam 7 malam atau 3-4 jam sebelum tidur. Hal ini dilakukan agar tubuh punya kesempatan untuk mencerna makanan yang membutuhkan waktu yang lama.

Namun, jika kamu masih merasa lapar pada malam hari sebaiknya pilihlah makanan yang rendah kalori seperti sayur, buah, yogurt, atau oat yang kaya akan gizi dan serat. Dengan begini kamu bisa dengan tenang merasa kenyang pada malam hari tanpa takut mengalami obesitas.

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading