Sukses

Beauty

Tak Hanya untuk Anak Kecil, Ini Manfaat Mewarnai untuk Orang Dewasa

Mewarnai dan menggambar merupakan hal yang paling disukai saat masih kecil. Mencoba berbagai warna dalam sebuah kertas tentunya menjadi hal yang seru dan menyenangkan untuk dilakukan. Pada prinsipnya, mewarnai tidak hanya hobi, melainkan juga bisa berfungsi sebagai terapi seni yang bisa berdampak baik bagi kesehatan.

Berdasarkan the American Art Therapy Association, terapi seni adalah suatu kegiatan yang bermanfaat untuk memberikan beragam manfaat berikut ini.

1. Menurunkan kecemasan
Menurut beberapa penelitian, mewarnai bisa memberikan terapi untuk menurunkan tingkat kecemasan, membuat pikiran fokus, dan bisa membuat seseorang menjadi lebih tenang karena bisa menurunkan tingkat stres. Hal ini karena mewarnai bisa membuat otak mengesampingkan hal ini, agar bisa fokus pada kegiatan mewarnai saja.

2. Membuat bahagia
Terdapat studi lain yang dilakukan oleh the University of New South Wales di Australia mengatakan bahwa kegiatan mewarnai membuat seseorang yang depresi bisa memiliki pikiran yang menyenangkan. Alasannya, karena seseorang akan fokus pada memilih warna dan bentuk suatu objek yang diinginkan.

3. Mengaktifkan kemampuan otak bagian frontal
Kegiatan yang berbau seni tentunya berhubungan dengan otak kanan terutama pada otak bagian frontal. Otak bagian ini berperan dalam mengatur ingatan, menyelesaikan masalah, kemampuan berbahasa, kemampuan bersosialisasi dan spontanitas.

4. Bernostalgia masa kecil
Saat kecil tentunya kamu akan merasa bahagia karena masih bisa menikmati waktu tanpa adanya stres. Dengan mewarnai, kamu akan melakukan sesuatu karena keinginan dan tidak harus memiliki kewajiban.

5. Mengasah otak kiri dan kanan
Ternyata mewarnai juga mengaktifkan kedua sisi otak kiri dan kanan. Dengan mewarnai, kamu akan berpikir tentang keselarasan warna serta bisa mengembangkan kemampuan motorik halus dan bisa meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah.

Nah, itu dia manfaat mewarnai bagi orang dewasa yang harus kamu ketahui. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

sumber : klikdokter.com

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading