Sukses

Beauty

Apakah Fungsi Plester di Badan Para Atlet Asian Games?

Melihat pertandingan para atlet di acara Asian Games 2018 pasti bikin deg-degan. Bukan hanya penasaran mengenai hasil akhir pertandingan, banyak orang mungkin juga penasaran atau bertanya-tanya mengenai apa fungsi plester yang ditempel di badan para atlet.

Hal ini terlihat jelas dan wajar jika plester di tubuh para atlet tak luput dari perhatian banyak orang. Tapi apakah makna dari banyaknya tempelan plester di badan para atlet? Ternyata ini bukan hanya untuk gaya-gayaan saja lho.

Plester yang banyak ditempel di bagian tubuh tertentu memiliki manfaat besar bagi atlet. Plester yang umum disebut Kinesio tape (KT) ini berguna sebagai pengobatan fisioterapi bagi atlet yang cedera.

Hario Tilarso sebagai dokter olahraga mengungkapkan bahwa kinesio tape diberikan pada atlet yang dalam perawatan setelah cidera. Pada Health Liputan6.com ia mengatakan, "Ini termasuk cara baru pengobatan untuk atlet. Sudah lama ditemukan soal plester itu. Jadi, plester itu ditempelkan di kulit untuk melancarkan kelenjar getah bening. Aliran pembuluh darah akan lancar, yang akan membuat kontraksi otot juga bergerak lancar."

Plester di kaki atlet Anthony Ginting/copyright Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Science and Medicine in Sport tahun 2015 dengan judul Effects of Kinesio, taping on skeletal muscle strength, menyebutkan bahwa plester yang dibuat Kenzo Kase tahun 1970-an ini terbuat dari bahan kapas elastis dengan perekat akrilik sehingga nyaman digunakan ketika tubuh bergerak. Penggunaan plester bisa menghindarkan atlet cedera lebih parah.

Namun perlu diketahui bahwa penggunaan plester ini tidak boleh sembarangan, hanya atlet yang punya riwayat cedera saja yang boleh menggunakannya. Seperti dikatakan Hario bahwa plester hanya boleh digunakan untuk atlet agar bisa bertanding dengan baik.

Hasil penelitian dari Journal of Science and Medicine in Sport juga menyebutkan bahwa efek kinesio tape dapat meningkatkan penampilan atlet. Kontraksi otot yang lancar membuat kekuatan otot semakin maksimal.

Wah, jadi seperti itu ya ladies fakta tentang dipakainya plester di badan atlet.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading