Sukses

Beauty

Awas, Ternyata 5 penyakit Ini Bisa Diketahui Lewat Suara!

Ladies, pernahkah kamu merasa suaramu tiba-tiba berubah? Jika iya, maka bisa saja hal tersebut bahwa ada penyakit yang muncul. Suara berubah biasanya dianggap karena seseorang punya penyakit amandel ataupun batuk. Namun tanda tersebut juga bisa tidak menutupi bahwa ada kemungkinan lain seperti adanya penyakit yang serius.

Maka dari itu kamu harus lebih peka dengan suaramu jika kamu merasakan ada yang berubah. Seperti yang dilansir dari klikdokter, berikut ini penyakit yang bisa dideteksi lewat perubahan suara.

1. Nodul pita suara
Biasanya penyakit akan dilanda oleh orang-orang yang mengandalkan suara seperti guru, penyanyi profesional, dan dosen. Biasanya hal ditandai dengan suara yang serak karena adanya pembengkakan pita suara atau biasa disebut nodul pita suara yang terletak simetris di kedua pita suara. Namun kamu bisa tenang jika mengalami penyakit ini, karena cara penyembuhannya adalah dengan mengistirahatkan pita suara seperti puasa bicara, terapi vokal, ataupun bicara seperlunya saja.

2. Polip hidung
Penyakit bisa disebabkan oleh infeksi, alergi, atau reaksi kekebalan tubuh terhadap suatu lingkungan. Polip hidung bisa ditandai dengan hidung tersumbat, keluarnya cairan dari hidung, nyeri wajah, serta turunnya fungsi indera penciuman. Selain itu orang yang mengalami penyakit ini akan mengalami perubahan suara. Memang polip hidung ini tidak bisa disembuhkan, namun dapat dikurangi dengan steroid dan operasi jika penyakit semakin parah.

3. Asam lambung
Biasanya asam lambung disebabkan karena seseorang makan tidak sesuai jam makannya, namun ternyata asam lambung juga bisa ditandai dengan adanya perubahan pada suara yang serak saat bangun tidur di pagi hari. Menurut Tweedie, peneliti dari London Medical mengemukakan bahwa asam yang keluar dari perut saat tidur akan bisa mengganggu tenggorokan sehingga pita suara menjadi bengkak dan mengubaha kualitas suara.

4. Kanker laring
Menurut Peter Rhys Evans, seorang ahli bedah THT mengemukakan bahwa salah satu jenis tumor yang umum sering ditemukan di tenggorokan. Hal ini bisa ditandai dengan perubahan suara sebagai tahap awal. Suara akan menjadi serak karena ada pembengkakan di tenggorokan.

5. Penyakit parkinson
Penyakit parkinson ini ditandai dengan adanya kelainan saraf progersif yang terus memburuk dengan ditandai adanya tremor, hilangnya ekspresi wajah, kesulitan tidur, bahkan perubahan suara. Saat penyakit ini semakin berkembang, penderita akan memiliki suara yang terkesan lebih tenang dari biasanya.

Nah, setelah kamu mengetahui beberapa penyakit di atas, tidak ada salahnya kamu mengecek suaramu. Jika kamu merasakan suara berubah, segeralah pergi ke dokter untuk bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan baik.

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading